Rayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Petarung Kehidupan Kota Madiun Gelar Pameran Lukisan


KlikMadiun.com - Komunitas Petarung Kehidupan dan Medhioen Art mengadakan pameran lukisan bertajuk "Abang Putih Painting Exhibition" di Timbul Jaya Plaza Madiun.

 

Pembukaan pameran dilaksanakan pada Sabtu (20/8/2022) dengan prosesi potong tumpeng sebagai makna perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

"Pameran ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan mengambil tema ‘Abang Putih’ harapannya mampu meningkatkan kecintaan terhadap bangsa melalui seni lukis ini,”ujar Ketua Komunitas Petarung Kehidupan, Make Joka.

 

Pameran akan diselenggarakan selama 10 hari yaitu mulai tanggal 20 hingga 30 Agustus 2022 bertempat di lantai 2 Timbul Jaya Plaza Kota Madiun. Sebanyak 120 lukisan dari berbagai aliran ditampilkan dalam pameran Abang Putih ini. Ada lukisan aliran realism, surealisme, naturalisme dan klasikisme dengan berbagai teknik melukis. Selain itu, lukisan-lukisan yang dipamerkan merupakan hasil kerya tangan-tangan pelukis dari berbagai kota antara lain, Madiun, Magetan, Ngawi dan Ponorogo.

 

Melalui pameran lukisan tersebut, Petarung Kehidupan dan Medhioen Art mencona mengajak pecinta seni lukis khususnya dan masyarakat umumnya untuk lebih menghargai seni sehingga turut  mendongkrak perekonomian daerah. Meski acara pameran lukisan ini diadakan secara mandiri oleh kedua paguyuban besar, namun berhasil menyita animo masyarakat di hari pembukaan pameran.

 

“Harapannya semoga dengan acara yang selama ini kita adakan secara swadaya mampu membuka mata pemerintah untuk memberikan dukungan penuh di bidang seni khusunya seni lukis. Bahwa seni lukis juga berpartisipasi dalam memajukan perekonomian daerah,”ucap Make Joka.

foto; Make Joka, Ketua Petarung Kehidupan


Staf Ahli Pemerintahan Bidang Hukum dan Politik, Agus Mursidi yang hadir mewakili Pemerintah Kota Madiun menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap panitia pameran dan ke depan pihaknya akan berkolaborasi dengan paguyuban seni yang ada di Kota Madiun untuk menyelenggarakan acara yang lebih spektakuler lagi.

 

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung acara ini. Tadi sudah saya sampaiakan juga ke panitia, ke depan bisa bekerja sama, nanti kita bisa sediakan tempatnya, di GOR atau dimana,”tutur Agus.

 

Menurut Agus, lukisan adalah karya seni yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Dengan adanya pameran lukisan ini diharapkan turut membantu melestarikan budaya dan menggali potensi seni lukis yang ada di Kota Madiun.

 

“Seni itu harganya mahal. Bukan masalah harga kalau kita seni itu. Semoga kegiatan ini akan meningkatkan ketajaman imajinasi para seniman lukis do Kota Madiun dan sekitarnya. Sehingga ke depan bisa melestarikan budaya mmelalui seni lukis dan nantinya akan lahir seniman-seniman baru yang berpotensi,”tutupnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama