Google Doodle Rasuna Said, Apa Kata Wawali Kota Madiun Inda Raya ?

 


Klikmadiun.com – Gambar wanita berjilbab dan mengenakan kacamata tampak sedang berorasi menghiasi Google Doodle edisi 14 September 2022. Sosok tersebut adalah Rasuna Said, wanita pejuang kemerdekaan sekaligus dinobatkan menjadi pahlawan nasional.

 

Bertepatan dengan hari lahirnya, maka dari itu Google memasang sketsa Rasuna menjadi ikon di laman pencarian. Lahir di tanah Minang, Rasuna remaja tumbuh menjadi wanita yang cerdas dan ulet. Jiwa pemimpin yang tinggi menjadikannya seorang motivator bagi teman-teman sebayanya.

 

Bakat berorganisasinya sangat kentara sejak masih usia 16 tahun bergabung dengan Sarikat Rakyat. Hingga tahun 1930, ia mendirikan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI) yang sangat kritis terhadap kolonialisme Belanda dan ketidakadilan terhadap perempuan.

 

Pemikirannya yang kritis dan keberaniannya berorasi mengungkap penentangan terhadap kekuasaan Belanda mengakibatkan ia harus ditangkap pemerintah kolonial Belanda saat itu. Selain aktif dalam berpolitik, Rasuna juga aktif sebagai seorang juru tulis, diketahui ia pernah menjadi pemimpin redaksi Majalah Menara Putri.

 

Ketajaman pemikiran dan sikap tegasnya dalam berpolitik dan menyampaikan kebenaran di muka publik sering menginspirasi masyarakat Indonesia khususnya kaum hawa.



Meneladani kegigihannya, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya menyebutkan bahwa Rasuna pantas jika selama ini diberi julukan ‘singa betina’. Menggambarkan sosok yang tegas dan tangguh dalam kepemimpinan.

 

“Keren dan memang layak, beliau dengan julukan singa betina mampu menembus batas kesetaraan dalam berpolitik,”ucap Inda Raya saat dimintai pendapat melalui sambungan telepon, Rabu (14/9/2022).

 

Menurutnya, perjuangan seorang wanita apalagi dalam kancah politik bukanlah hal yang mudah. Menyuarakan apa yang menjadi aspirasi para wanita sehingga bisa diterima oleh semua kalangan memerlukan perjuangan yang keras.


“Wanita memang tidak mudah berada pada posisi yang sekarang ini, perlu perjuangan yang berdarah-darah. Namun wanita berhasil membuktikan bahwa dia bisa. Dan saya percaya, memang ketika wanita berani tampil dan menyuarakan keinginannya, mereka bisa mencapainya” tutupnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama