Keren! Produk Unggulan Pendekar Porang Ludes di Ajang Pameran HAI


Klikmadiun.com – Kemeriahan peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) di Wisata Bahari Lamongan (WBL) masih memiliki atmosfer kuat dalam ingatan para pegiat literasi. Tak terkecuali bagi para pelaku UMKM yang berada di bawah naungan Pendekar Porang.

 

Dalam ajang pameran HAI yang digelar dua hari yaitu 26 hingga 27 Oktober 2022, Pendekar Porang bekerja sama dengan PKBM Al Musthofa Kota Madiun memajang produk – produk unggulan berupa penganan khas Kota Madiun yang berbahan baku umbi atau tepung porang.

 

Ada beberapa jenis produk olahan porang yang berhasil menyita perhatian pengunjung HAI, yaitu bluder porang, wingko porang, bakpia porang dan lempeng porang.

 

Kepala Sekolah PKBM Home Schooling HSPG Sidoarjo, Sirojudin mengaku sangat antusias dengan beragam penganan olahan porang khas Kota Madiun. Dirirnya mengaku pernah mencicipi beberapa makanan khas kota pecel ini namun ini adalah kali pertama ia mencicipi kuliner berbahan dasar porang.

 

“Enak rasanya, tidak berbeda dengan aslinya. Apalagi porang kaya serat dan rendah karbohidrat. Ini saya mau membeli untuk saya buat oleh-oleh,”ujarnya.

 


Sementara itu, Tjien Han salah satu punggawa Pendekar Porang mengaku bangga dengan produk-produk inovasi pegiat UMKM Pendekar Porang. Selain berhasil mengharumkan  nama Kota Madiun, dalam moment tersebut Pendekar Porang berupaya menyebarluaskan informasi untuk lebih menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi berbagai makanan dari bahan dasar umbi porang.

 

“Kelak kita berencana bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan beragam kuliner berbahan baku umbi porang sehingga manfaat sehat yang dimiliki porang bisa dinikmati masyarakat di seluruh Indonesia. Dan semua resep olahan merupakan masakan khas Kota Madiun,”jelas Han, Sabtu (29/10/2022).

 

Sebagai informasi,  umbi yang bernama latin Amorphophallus muelleri tersebut memiliki kandungan glukomanan yang tinggi sehingga bisa menjadi bahan pengental alami. Kandungan serat alaminya sangat dibutuhkan oleh orang yang melakukan diet ketat.

 

Selain itu, glukomanan juga membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sebagai pengontrol kerja hormon ghrelin yang memicu rasa lapar. Efeknya yaitu nafsu makan lebih terkendali dan memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga gula darah tidak melonjak drastis.

 

Pendekar Porang juga menyediakan beberapa bahan baku untuk olahan porang yakni tepung porang, beras porang atau biasa disebut beras shirataki dan chip porang. Selain itu juga bekerja sama dengan PT. Porang Rejeki Jaya untuk pengolahan umbi mentah porang menjadi berbagai olahan porang. Semua produksi porang akan dipusatkan di Kota Madiun.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama