Masuk Dalam Pendidikan Moral dan Karakter, Disdikbud Kabupaten Madiun Gelar Pelatihan Kurikulum Bahasa Jawa


Klikmadiun.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Madiun menggelar Pelatihan Penyusunan Kurikulum Bahasa Jawa. Dimana kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan kegiatan yang sudah di programkan Disdikbub tahun 2022.


Pelatihan yang di buka langsung oleh Kepala Disdikbud Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah bertempat di Gedung PGRI senin (28/11/2022). Dimana kegiatan yang diikuti oleh 150 guru dari Sekolah Dasar Sekabupaten Madiun tersebut agar bisa menyusun kurikulum bahasa jawa.


Siti Zubaidah memaparkan, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan Pelatihan Bahasa Jawa yang dilaksanakan pada tanggal 28 sampai 29 November ini, seperti meningkatkan kompetensi guru kelas dalam pembelajaran Bahasa Jawa sesuai kebijakan pemerintah pusat maupun daerah. 


''yang jelas untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengembangkan perangkat belajar bahasa jawa, bahan ajar bahasa jawa, dan mengembangkan media pembelajaran bahasa jawa, '' paparnya.


Dirinya juga menambahkan, jika bahasa jawa yang adiluhung akan memiliki nilai karakter yang luar biasa. Sehingga dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan pembekalan kepada guru kelas lewat pelatihan bahasa jawa yang baik dan benar.


''khususnya dalam pembentukan karakter atau perilaku peserta didik, ''imbunhnya.


Kadisdikbud berharap, dengan adanya Pelatihan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal Pendidikan Dasar Bahasa Jawa nantinya para guru bisa mengimplementasikan pengetahuannya ke daerah masing-masing. Disisi lain, dirinya juga berpesan dengan adanya kegiatan ini, nantinya para pengajar bisa mengembangkan pembelajaran dengan banyak metode sesuai dengan kemampuanya.


''kedepan pasti ada target pada kurikulum ini, sehingga bisa membantu guru dalam menuntaskan targetnya, '' tutupnya (ADV) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama