DLH Kabupaten Madiun Kenalkan ‘Si Mbah’, Aplikasi Pengelolaan Bank Sampah


Klikmadiun.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Madiun menggelar acara Sosialisasi Aplikasi Bank Sampah pada Senin (5/12/2022). Bekerja sama dengan PT. Madiun Digital Solutions (MDS), DLH Kabupaten Madiun kian gencar menggaungkan kepedulian terhadap pengelolaan sampah melalui transformasi digital.

 

Dalam giat sosialisasi siang itu, Bidang Persampahan DLH Kabupaten Madiun mendatangkan sebanyak kurang lebih 40 pengelola Bank Sampah dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Madiun. Kasi Bidang Persampahan Siyam Sumartini mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi bank sampah yang diberi nama ‘Si Mbah’ ini nantinya diharapkan mampu membantu para penggerak bank sampah dalam pengelolaan sampah. Mulai dari pemilahan hingga proses penjualan produk hasil dari limbah sampah re-use.

 

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami dalam menjaga lingkungan agar senantiasa bebas sampah. Bagaimana mengubah sampah menjadi salah satu produk yang memiliki nilai jual dan investasi hingga memberikan edukasi tentang penerapan pengelolaan bank sampah di era digitalisasi,”kata perempuan yang akrab disapa Siyam ini.

 

Selain itu, dengan hadirnya Si Mbah akan memberikan banyak keuntungan bagi pengelola bank sampah. Sebab, di dalam aplikasi bank sampah ini juga menawarkan beragam fitur menarik yang bisa dimanfaatkam oleh  para pengelola bank sampah untuk mempermudah transaksi konversi sampah menjadi uang tunai atau poin.


 

“Dengan menggunakan aplikasi ini nantinya para baik para pengelola bank sampah ataupun masyarakat bisa mendapatkan banyak keuntungan. Karena aplikasi ini sudah memiliki fasilitas pembayaran secara virtual sehingga mempermudah transaksi penjualan maupun pembelian sampah,”papar Yahya Adi Mulya, Kepala Divisi Produksi PT. MDS.

 

Aplikasi Si Mbah ini nantinya akan membantu DLH Kabupaten Madiun dalam memfasilitasi pengelola bank sampah untuk terhubung langsung dengan masyarakat  yang akan menyetorkan sampah. Sekaligus memudahkan DLH dalam mengambil kebijakan melalui  laporan analisa setiap perkembangan kegiatan bank sampah.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama