Khidmatnya Sembahyang Warga Tionghoa Jelang Pergantian Tahun Baru Imlek 2574 di TITD Hwie Ing Kiong Madiun



Klikmadiun.com – Tradisi pergantian tahun baru Cina atau Imlek 2574 Kongzili selalu menarik untuk dikupas. Mulai dari budaya membersihkan rupang  menjelang tahun baru Cina, Ji kau meh hingga puncaknya nanti cap go meh.

 

Selain itu, ibadah di malam pergantian tahun juga merupakan salah satu prosesi yang harus dilaksanakan warga Tionghoa untuk mendoakan para leluhur. Seperti dilakukan oleh umat Konghucu yang berkumpul di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong Madiun untuk menyambut tahun Kelinci Air yang penuh keberuntungan.

 

Ibadah di malam tutup tahun adalah sebagai simbol perwujudan syukur atas satu tahun yang penuh berkah dan menyambut tahun baru Imlek dengan suka cita. Diawali dengan menyalakan lilin raksasa, menabuh genta hingga berdoa bersama.

 

“Biasanya ini kita lakukan pukul 24.00 tepat, tapi kali ini memang kita majukan jam 23.00. Prosesi dimulai dengan menyalakan lilin, menabuh genta dan berdoa bersama. Kalau membakar kertas itu merupakan penyempurnaan doa agar diterima Yang Maha Kuasa,”jelas Ketua TITD Hwie Ing Kiong Madiun, Iwan Budianto, Sabtu (21/1/2023) malam.

 

Meski umat yang hadir malam itu tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya namun tidak mengurangi khidmatnya doa bersama. Menurut Iwan, meski pembatasan telah dicabut, tetapi banyak umat lebih memilih untuk beribadah di rumah untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung yang mengakibatkan kembali rawan penyebaran virus.

 

“Mungkin jemaat mengantisipasi, sehingga memilih berdoa di rumah masing-masing. Karena beribadah boleh di tempat masing-masing,”imbuhnya.

 

Yang paling menarik adalah beragam suguhan khas Imlek antara lain kue keranjang, kue koe, bacang dan beragam buah-buahan. (Klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama