Komunitas Seni Kota Madiun Punya Tempat Baru di Lapak Hara Citra



Klikmadiun.com – Komunitas seni Kota Madiun yang beranggotakan para pegiat batu akik, keris dan bonsai kini mendapatkan angin segar dari Pemerintah Kota Madiun. Pasalnya, puluhan pegiat seni tersebut kini mendapatkan tempat baru untuk memamerkan hasil karyanya. Pemkot Madiun memberikan ruang bagi seniman akik, keris dan bonsai di Lapak Hara Citra yang berlokasi di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Kartoharjo.

 

Wali Kota Madiun Maidi mempunyai alasan khusus memindahkan komunitas seni tersebut ke lapak yang lazim disebut Lapak Tawangrejo. Menurutnya, lokasi Hara Citra lebih strategis ketimbang tempt sebelumnya yakni di lantai 2 Pasar Besar Madiun. Sebab berada di jalan provinsi yang notabene akan memudahkan pengunjung luar kota mengetahui lokasinya.

 

“Komunitas seni kita wadahi disini, agar bisa mempertunjukkan karyanya untuk masyarakat umum, bahakan yang dari luar kota akan mudah mengetahu tempat ini. Dan juga di sini tempatnya akan lebih lama, dari pagi hingga malam. Kalau nanti disini ramai, otomatis kuliner di lapak juga akan meningkat ekonominya, begitupun sebaliknya,”jelas Maidi usai meresmikan dibukanya Pasar Seni di Lapak Hara Citra, Sabtu (21/1/2023) malam.

 

 

Maidi juga menyampaikan agar para pegiat seni tidak perlu mengkhawatirkan keamanan di lapak, karena pihaknya akan memasang CCTV yang akan bekerja 24 jam. Selanjutnya, ke depan apabila komunitas seni yang terdiri dari seni batu akik, seni keris dan seni merangkai bonsai itu berhasil mendongkrak ekonomi sekitar, dirinya tak memungkiri akan memberikan perlindungan lebih bagi para pegiatanya.

 

“Untuk keamanan nanti kita akan pasang CCTV. Nanti kita lihat, seberapa serius teman-teman komunitas seni ini. Kalau berhasil menghidupkan ekonomi disini, kita pasti akan bantu untuk legalitanya. Berhasil dulu, baru berani dilegalkan. Nanti bertahap kita menuju ke situ,”lanjutnya.

 

Sementara itu, Ketua Komunitas Seni Kota Madiun, Suehbeni mengatakan bahwa dirinya dan teman se-komunitas mengaku senag disediakan tempat bagi komunitas seni. Komunitas seni dan pengurus lapak akan terus bersinergi untuk meningkatakan aktivitas ekonomi di lapak maupun sekitar lapak Hara Citra.

 

“Kita akan terus bekerjasama dengan pengurus lapak. Meski baru beberapa hari disini, penjualan kami sudah ada peningkatan. Kami akan terus bersinergi dengan para pengurus lapak .(klik-2)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama