Kabar Gembira! 9.400 Laptop Gratis Siap Didistribusikan ke Sekolah se-Kota Madiun

foto : Tim Politeknik Negeri Madiun sedang melakukan pengecekan unit laptop
 

Klikmadiun.com – Sebanyak 9.400 unit laptop berhasil didatangkan oleh Dinas Pendidikan Kota Madiun pada Jumat (10/3/2023). Berbeda dengan pengadaan laptop sebelumnya, kali ini Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggandeng Acer Indonesia sebagai pihak penyedianya.

 

“Hari ini datang sebanyak 9.400 unit laptop. Semua masih dalam proses pengecekan, apakah sesuai dengan spek dalam kontrak,”jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati (10/3).

 

Tidak ingin mengulang kesalahan yang sama seperti pengadaan laptop di tahun lalu, Dinas Pendidikan bekerja sama dengan Politeknik Negeri Madiun melakukan pengecekan setiap unit laptop untuk memastikan bahwa spesifikasi laptop telah sesuai dengan standar pemesanan.

 

Pengecekan laptop diperkirakan selesai pada akhir Maret, sehingga laptop bisa didistribusikan pada awal April nanti. Satu per satu laptop akan dicek sesuai dengan prosedur.

 

“Pengecekan nanti sekitar dua minguan lebih. Karena 9.400 laptop akan dicek satu per satu, saya tidak mau menggunakan sistem sampling. Jadi akan memakan waktu lumayan lama. Kami mendatangkan tim ahli dari Poltek Madiun,”paparnya.

foto : Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun, Lismawati tengah memamerkan laptop yang baru saja tiba.

 

Ribuan laptop ini nantinya akan didistribusikan untuk siswa tingkat SD kelas 4 dan 5, serta tingkat SMP kelas 7 dan 8. Dengan laptop ini nantinya diharapkan mampu mendukung implementasi program Merdeka Belajar  saat ini menjadi kurikulum yang tengah digodog pemerintah.

 

“Laptop ini merupakan chrome book yang sistemnya dikendalikan langsung oleh Pusdatim Kementrian Pendidikan. Dengan mengembangkan belajar.id untuk merealisasikan Merdeka Belajar,”imbuh Lisma.

 

Untuk pengadaan 9.400 laptop ini, Pemkot Madiun menggelontorkan dana sebesar 52 milyar rupiah. Tidak tanggung-tanggung, misi untuk mewujudkan kota pintar kian melesat dengan pengadaan laptop gratis bagi siswa yang telah terfasilitasi internet gratis melalui panel wifi Kota Pendekar.

 

“Nilai pagu anggarannya sebesar 52,264 milyar rupiah, sedangkan nilai kontraknya 48 milyar rupiah. Dipastikan nanti tahun ajaran baru sudah bisa menggunakan chrome book untuk menerapkan Merdeka Belajar,”pungkasnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama