Momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Lapas I Madiun Berikan Remisi ke Narapidana



Klikmadiun.com - Sebanyak 861 narapidana Lapas I Madiun memperoleh pengurangan masa pidana atau hak Remisi khusus bertepatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah pada hari ini Sabtu, (22/04/2023). 


Perolehan remisi tersebut bervariasi mulai dari 15 hari, 1 bulan hingga ada yang mendapatkan pengurangan masa pidana selama 2 bulan.


Sebelum mendapatkan remisi khusus tersebut, para narapidana harus memenuhi syarat administratif dan substantif. Dari 861 data yang diajukan, hasil seluruh pengajuan disetujui oleh Ditjen Pemasyarakatan. Bahkan dari total 861 narapidana yang mendapatkan remisi, sebanyak 5 orang napi dinyatakan langsung bebas. 



Pemberian remisi para Warga Binaan adalah bentuk penghargaan atas perubahaan perilaku warga binaan yang telah mengikuti program pembinaan selama menjalani hukuman dengan baik selain itu juga dimaksudkan untuk mempercepat proses reintegrasi sosial sehingga para narapidana dapat segera kembali ke tengah-tengah masyarakat.


Kegiatan pemberian remisi dilaksanakan di Lapangan Upacara Lapas Kelas I Madiun sesusai menjalankan Sholat Idul Fitri yang diserahkan secara simbolis oleh Kadiv Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkumham Jatim Subianta Mandala dan Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiharta. 


Kadiv Yankumham Subianta yang membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI menyampaikan apresiasi atas kebebasan yang diterima narapidana dan berpesan kepada narapidana untuk selalu memperbaiki diri. 



"Kepada narapidana yang hari ini mendapat remisi dan yang bebas hari ini, saya mengucapkan selamat dan mengingatkan saudara untuk terus memperbaiki diri, memperkuat iman dan taqwa serta meningkatkan kwalitas diri” pesannya. 


Sementara itu Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiharta mengucapkan rasa syukur dan turut berbahagia atas terselenggaranya pelaksanaan Idul Fitri dan penyerahan remisi di Lapas dalam keadaan aman, tertib dan berjalan lancar.


“Alhamdulillah, kegiatan pemberian remisi berjalan aman lancar dan tertib, saya ucapkan selamat bagi WBP Penerima Remisi Idul Fitri" pungkasnya. (Klik-2/hms) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama