Gelar Verifikasi Lapangan di 4 Satker, TPI ZI Kanwil Kemenkumham Jatim Tegakkan Reformasi Birokrasi



Klikmadiun.com - Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melalui Tim Penilai Internal (TPI) Pembangunan  Zona Integritas (ZI) menggelar verifikasi lapangan di 4 satker di bawah naungannya.


Jajaran yang dipimpin Inspektur Wilayah VI Itjen Kemenkumham, Luluk Ratnaningtyas, itu melakukan kunjungan ke Bapas Kediri, Rutan Magetan, Lapas Pemuda Madiun, dan Lapas I Madiun.


"Secara umum, performa dari satker di Jawa Timur ini sangat baik, karena kami melihat langsung di lapangan banyak perubahan yang dilakukan," kata Luluk, Senin (15/5/2023).


Bersama Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Jatim, Saefur Rochim, dia mengatakan bahwa keempat satker yang dikunjungi TPI diharapkan mampu menyeimbangkan antara bidang teknis pelayanan dan administratif.


"Untuk pelayanan teknis sudah cukup optimal, namun ada beberapa hal yang sifatnya lebih administratif yang harus kami perdalam," tuturnya.


Nantinya, Luluk mengatakan bahwa hasil dari verifikasi lapangan ini akan dijadikan bahan rujukan untuk tahapan selanjutnya. Yaitu menentukan satker mana saja yang akan diusulkan ke Kemenpan RB.


"Sebagai salah satu kanwil dengan perwakilan terbanyak, kami berharap hasilnya juga bisa optimal hingga tahapan berikutnya," urainya.


Sementara itu, Rochim berterima kasih atas kerja keras TPI dalam memberikan evaluasi hingga verifikasi lapangan kepada keempat satkernya. Menurutnya, pihaknya akan segera menindaklanjuti catatan yang diberikan TPI.


"Ini bentuk komitmen kami untuk melakukam reformasi birokrasi yang menjadi amanat presiden dan Menkumham Yasonna H Laoly," tegas Rochim.


Pria asal Tuban ini juga mengapresiasi jajarannya yang telah memberikan yang terbaik selama proses verifikasi lapangan. Dengan segala inovasi yang ada, dia yakin  Pemasyarakatan yang menjadi sample bisa menjadi contoh bagi yang lain. 


"Keempat satker yang dilakukan verifikasi lapangan adalah salah satu wakil terbaik dari Kanwil Kemenkumham Jatim, kami optimis keempatnya mampu memberikan yang terbaik," terangnya.


Keempat satker yang dipilih untuk dilakukan verifikasi lapangan pembangunan zona integritas memang punya keunggulan masing-masing. Seperti Rutan Magetan yang memiliki inovasi pemantauan barang titipan kepada warga binaan.


Sebagai informasi, beragam inovasi telah dilakukan oleh jajaran Lapas I Madiun antara lain Sentra Layanan Publik hingga Blok Khusus Rehabilitasi Narkoba dan Pondok Pesantren. Sedangkan Bapas Kediri memiliki inovasi layanan keliling yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari pembimbing kemasyarakatan. Paling akhir Lapas II Pemuda Madiun merilis aplikasi e-Bluder untuk memberikanTerakhir, pelayanan terpadu bagi masyarakat.(klik-2/hms)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama