Indigo Art Space Madiun Gandeng Seniman Lukis Bakal Gelar Pameran Milieuforia, Catat Tanggalnya!



Klikmadiun.com – Rumah produksi Indigo Art Space (IAS) yang beralamat di jalan Dr. Sutomo nomor 15A, Kota Madiun bakal menggelar pameran lukisan bertajuk ‘Milieuforia’ pada tanggal 6 sampai 13 Mei 2023.



Dalam pameran perdana di rumah baru IAS, nantinya akan menggandeng seniman lukis kenamaan dari Madiun dan luar daerah. Sebut saja Fransky yang familiar dengan julukan Wayang Krokot dan Make Joka dari Madiun, kemudian ada Djoko Sutrisno dan I Gede Udiyana dari Bali, Agus Wicaksono dan Romdon Hamdani dari Magetan, Samuel Istiyono dari Nganjuk serta Tedy Sulangi dari Sidoarjo.


Agus Wicaksono sebagai Ketua Panitia mengatakan bahwa Pameran Milieuforia ini sebagai sarana edukasi bagi anak-anak sekolah bahwa seni lukis memiliki sejarah panjang di Madiun. Bertepatan dengan momentum Hari Pendidikan Nasional, melalui pameran tersebut diharapkan  anak-anak mampu memahami  sejarah tumbuhnya kesenian khususnya di Kota Madiun.


“Masih dalam momentum Hari Pendidikan Nasional, kita turut memberikan edukasi kepada anak-anak usia sekolah bahwa sebenarnya Kota Madiun adalah cikal bakal lahirnya para penggerak seni khususnya seni rupa atau seni lukis,”kata Agus di sela-sela kesibukannya mempersiapakan pameran di rumah IAS, Rabu (3/5/2023) sore. 



Pameran Milieuforia berawal dari keinginan para seniman lukis untuk bergerak maju menumbuhkan semangat kebersamaan. Sebab seni adalah sebuah pertarungan yang dinamis yang senantiasa tumbuh dan berkembang mengikuti perubahan jaman.



“Bahwa dunia kesenian tidak netral, dunia kesenian adalah medan pertarungan.Itulah sebabnya dunia kesenian juga disebut sebagai medan seni ,”ujar Agus mengutip tulisan Albertus Rusputranto dalam bukunya Medan Seni Rupa Indonesia tahu 1900-1965.


Sementara itu, Pemilik IAS Lusiana mengaku sangat gembira dengan diadakannya pameran tersebut. Ia mendukung optimal untuk terselenggaranya event Pameran Milieuforia yang akan dibuka pada hari Sabtu, 6 Mei 2023.


“Sekaligus sebagai acara perdana di tempat baru kami ini, sebab dulu kami beroperasional di jalan Mayjen Sungkono,”jawab perempuan yang lahir dari keluarga seniman ini dengan singkat.


Sebagai informasi, pameran Milieuforia akan dikurasi oleh pelukis besar asala Surabaya yaitu Agus Koecink. Dalam waktu seminggu, pameran akan menampilkan puluhan lukisan dari berbagai jenis aliran.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama