Peserta Pameran Pendidikan Kota Madiun Rela Rogoh Kantong Pribadi Demi Sukseskan Pameran Hardiknas 2023

 


Klikmadiun.com - Pameran Pendidikan digelar oleh Pemkot Madiun dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yakni tepat di tanggal 2 Mei 2023.


Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Madiun yang menjadi leading sektor event tersebut menyediakan banyak stan untuk digunakan setiap lembaga pendidikan sebagai ajang pamer karya dan profilisasi sekolah masing-masing. 


Seperti yang nampak pada background beberapa lembaga pendidikan antara lain Himpaudi yang merupakan perwakilan PAUD se-Kota Madiun dengan tema bunga dan daun, kemudian HIPKI dan FK-PKBM dan masih banyak lagi. 


Namun untuk dapat menampilkan stan pameran yang istimewa, para pelakon pendidikan rela merogoh kantong lembaga masing-masing untuk membayar iuran ke forum sesuai tingkat pendidikannya. 


"Kita memang diimbau Pak H (pihak Disdik) untuk membayar iuran agar bisa memamerkan tampilan stan sebagus mungkin, " kata salah satu peserta membacakan imbauan yang muncul whatsapp grup. 


Jumlah tarikan iurannya pun beragam, mulai dari 50 ribu rupiah per lembaga hingga 500 ribu rupiah per lembaga juga. 


"Tadinya kita diminta patungan 150 ribu rupiah per lembaga, namun kita tawar karena dana operasional sekolah kami sangat terbatas, akhirnya disepakati 50 ribu tersebut, " lanjut peserta yang enggan disebutkan identitasnya, Selasa (2/5/2023). 


Melihat fenomena di Hari Pendidikan Nasional ini, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Madiun Lismawati mengatakan bahwa iuran tersebut demi kelancaran acara dan menyemarakkan kreativitas lembaga di ajang pameran. 


"Kita sudah menyiapkan stan-stannya, kalau isinya itu tugas lembaga masing-masing. Kita tidak tahu, biaya itu kan untuk inovasi mereka. Kalau tidak berinovasi kita akan stagnan," kata Lismawati, usai talk show di Panggung Kreativitas, Selasa (2/5/2023). 


Menurut Lismawati, kreativitas dan inovasi memang membutuhkan dukungan dari banyak pihak yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi lembaga masing-masing. 


"Kalau kita ingin maju ya harus berinovasi. Melalui pameran Pendidikan ini, setiap lembaga pendidikan di Kota Madiun berkesempatan untuk menampilkan kualitas masing-masing sehingga bisa lebih dikenal masyarakat luas, " pungkasnya. (Klik-2) 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama