Ada Kirab Ogoh-ogoh di Komplek Lanud Iswahjudi




KlikMagetan – Dua ogoh-ogoh dikirab di Kompleks Lanud Iswahjudi, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Senin sore, 27 Maret 2017. Kegiatan unuk menyambut Hari Raya Nyepi ini menarik perhatian warga yang beragama lain di wilayah setempat.

“Setiap tahun saya melihat kegiatan ini untuk mengetahui tradisi Umat Hindu menyambut hari raya-nya,’’ kata Inggar, salah seorang warga Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan.

Ia sengaja melihat kegiatan itu untuk menambah wawasan keberagaman kehidupan beragama. Inggar menilai arak-arakan ogoh-ogoh menjadi salah satu bagian dari budaya di Indonesia. “Saya menghormati dan menghargai agama lain,’’ ujar perempuan yang memeluk agama Islam tersebut.

Sementara, dua ogoh-ogoh berbentuk raksasa mulai diarak dari depan halaman Pura Sanggha Bhuwana Lanud Iswahjudi. Sejumlah personel tentara yang memeluk agama Hindu mendapat tugas memanggul ogoh-ogoh tersebut mengelilingi kompleks pangkalan militer udara tersebut.

Koordinator Pura Sanggha Bhuwana, I Wayan Sudartika, mengatakan dua ogoh-ogoh yang diarak itu melambangkan unsur negatif. Karena itu, perlu dinetralisir dengan serangkaian kegiatan seperti sembahyang dan arak-arakan. Adapun tujannya agar unsur negatif tidak mengganggu kehidupan manusia.

 “Setelah diarak kemudian dibakar untuk memusnahkan unsur negatif itu,’’ kata dia.

Dengan musnahnya energi negatif diharapkan agar kehidupan bermasyarakat dan bernegara lebih damai selama setahun ke depan. Selain itu, suasana tenteram dan bahagia menyertai setiap umat manusia. “Itulah harapan kami pada Tahun Baru Saka 1939 ini,’’ ucap Wayan.

Ia menambahkan, penyambutan Hari Raya Nyepi di Kompleks Lanud Iswahjudi itu diikuti sekitar 150 umat Hindu. Mereka berasal dari wilayah eks-Karesidenan Madiun yang meliputi Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Pacitan. (klik-4)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama