Home » , » Tingkatkan Gizi Anak Usia Dini, Dengan Gemar Makan Ikan

Tingkatkan Gizi Anak Usia Dini, Dengan Gemar Makan Ikan

Written By KLIK MADIUN on Jumat, 01 Desember 2017 | 23.27



KlikMadiun – Mengenalkan pentingnya akan manfaat serta gizi mengkonsumsi ikan, Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Madiun, mengajak 176 anak sekolah Madrasah Ibtidaiyah Toriqul Huda Dusun Mbeketok Desa Banjarsari Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun ikut mengkampanyekan Program Gemar Makan Ikan. Program gemar makan ikan merupakan program nasional untuk meningkatkan kecerdasan generasi muda sejak usia dini,terutama anak sekolah.

Dalam program gemar makan ini, pihak Dinas Pertanian Dan Perikanan juga menggandeng Dinas Kesehatan Gizi untuk memberikan penjelasan kepada anak sekolah Madarasah Ibtidaiyah, tentang apa saja manfaat gizi yang terkandung di dalam ikan tersebut. Kepala Bidang Perikanan Agus cahjono mengatakan, program gemar makan ikan juga bertujuan mengenalkan manfaat mengkonsumsi ikan terutama anak – anak yang berada didaerah pedalaman, terutama ikan yang mudah didapat disekitar mereka tinggal, seperti ikan lele, nila, gurami, bandeng serta patin, sebab akhir-akhir ini wilayah Kabupaten Madiun mengalami penurunan konsumsi ikan.

“ Khususnya dengan program gemar makan ikan kedepannya bisa dikembangkan oleh masing-masing keluarga, sehingga konsumsi makan ikan di Kabupaten Madiun yang selama ini masih rendah dibandingkan kabupaten lain di wilayah Jawa Timur. Harapanya pada tahun mendatang semakin hari semakin meningkat baik konsumsinya maupun budidayanya. Kegiatan ini fokus pada anak, utamanya pada anak sekolah dasar. Karena anak pada masa pertumbuhanya harus banyak usapan gizi. Mengkonsumsi ikan, selain murah juga mudah di dapat dimana-mana, serta efeknya hampir tidak ada”, terang Agus Cahjono.

“Gizi pada ikan terutama omeganya sangat penting untuk kecerdasan anak, yang penting kita mencegah makanan dari luar yang kemasanya bagus, belum tentu dengan kemasan yang bagus dan menarik nilai gizinya tinggi.  Makanya kita himbau kepada orang tua, waktu sekolah untuk membawa makanan dari rumah. Orang tua juga harus kreatif dalam menyiapkan menu yang disukai anak-anak mereka. Seperti kegiatan hari ini, anak-anak tampak terlihat sangat senang dan menikmati dengan menu bandeng presto. Bisa dilihat dari  wajah-wajah mereka saat makan”. Tambah Agus.
Isnaini selaku kepala Madrasah Ibtidaiyah mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada pemerintah Kab Madiun, atas perhatianya terhadap perkembangan anak-anak khususnya pada anak dimasa pertumbuhan. Dengan program gemar makan ikan yang  melibatkan pihak sekolah terutama anak-anak didik usia dini, nantinya anak –anak akan terbiasa dengan menu ikan. 

“ Yang pasti program ini sangat membantu sekali tentang pengetahuan anak-anak itu, sebab mereka akan mengerti manfaat gizi pada ikan, otomatis anak-anak secara sendirinya  akan mengkonsumsinya”. ujar Isnaini.

Perlu diketahui pada tahun 2017 ini, Dinas pertanian Dan Perikanan sudah menyelenggarakan Program Gemar makan Ikan di 4 Kecamatan,Yakni Gemarang, Kecamatan Pilangkenceng, Kecamatan Balerejo, dan yang terahkir Kecamatan Dagangan, yang semuanya di peruntukan bagi anak Madrasah Ibtidaiyah. Rencananya tahun depan Program ini akan terus dikampanyekan disejumlah sekolah sesuai alokasi dana APBD Kabupaten Madiun.(Adv)


Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google