Home » , , » Harga Cabai Melangit Tembus Rp 60 Ribu Di Pasar Besar Kota Madiun

Harga Cabai Melangit Tembus Rp 60 Ribu Di Pasar Besar Kota Madiun

Written By KLIK MADIUN on Rabu, 07 Maret 2018 | 17.23


KlikMadiun-Dampak dari cuaca yang kerap dilanda hujan secara terus menerus menyebabkan harga kebutuhan bumbu dapur seperti cabai rawit mulai merangkak naik, bahkan sampai seratus persen di sejumlah pasar tradisional Kota Madiun Jawa Timur, yakni Rp 60 ribu per kilogram. Dengan kondisi ini selain mempengaruhi omzet pendapatan para pedagang juga sangat memberatkan bagi warga masyarakat yang terbiasa dengan kuliner rasa pedasnya.

Dari pantauan di Pasar Besar Kota Madiun Jawa Timur harga kebutuhan komoditi mulai terlihat ada kenaikan mwski tidak terlalu signifikan. Namun yang paling menonjol nampak terjadi pada harga cabai rawit yakni Rp 57 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram. Padahal harga sebelumnya berkisar Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu perkilogramnya.

Sedangkan untuk cabai keriting dan cabai merah besar dibandrol seharga Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu setiap kilogram dari harga sebelumnya Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu.

Menurut Sari (46), salah satu pedagang mengaku kenaikan harga cabai ini diakibatkan berkurangnya pasokan dari daerah asal petani cabai seperti kediri dan magetan karena abanyak yang busuk akibat cuaca yang mulai berubah-ubah.

"Yang terasa naik itu cabai rawit sampai Rp 57 ribu perkilonya mas. Inibakibat cuaca yang berubah ubah dan kerap dilanda hujan terus,"kata Sari saat dikonfirmasi di kios dalam Pasar Besar Madiun, Rabu (7/3/2018).

Khawatir dengan kondisi cabai yang mudah busuk para pedagang sendiri pun mengaku mulai membatasi maupun mengurangi stok cabai, sehingga menyebabkan omzet pedagang mulai berkurang dibanding sepekan sebelumnya.

Sementara dengan naiknya harga cabai di pasaran saat ini juga cukup dirasakan memberatkan bagi masyarakat. Karena cabai sendiri merupakan bumbu pokok dan wajib dibutuhkan warga dalam kebutuhan memasak atau pencinta kuliner pedas. Hal ini seperti yang disampaikan Siti Wulandari salah satu pembeli dalam pasar dan Adi Saputra pencinta masakan pedas.

"Wah cukup memberatkan mas jika harganya terus naik, ya kalau bisa jangan naik naik terus lah. Kita bisa kerepotan nanti,"ujar Siti Wulandari kepada wartawan.

Hal senada juga disampaikan Adi Saputra, salah satu konsumen warung makan yang berada di belakang Kantor DPRD Kota Madiun.

"Cukup memberatkan warga kalau harganya naik, yang pasti mempengaruhi harga masakan yang kami pesan. Padahal kita setiap hati langganan makan di warung seperti ini. Ya berharap harga cabai tidak terus naik,"keluh Adi Saputra sambil menyantap makanan yang dipesannya.

Sementara dari data Dinas Pasar maupun Dinas Perdagangan Kota Madiun saat ini tercatat harga bawang putih terpantau Rp 25 ribu per kilogram sedangkan bawang merah saat ini sekitar Rp 30 ribu setiap kilogram. Untuk beras premium Rp 11.500 per kilogram, beras medium Rp 10 ribu rupiah setiap kilogram. Telur ayam ras terpantau stabil seharga Rp 20.500 per kilogram, daging ayam potong atau broiler Rp 30 ribu per kilogram dan daging sapi Rp 110 ribu per kilogram.(klik-3)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google