Home » , , » Warga Magetan Sukses Kembangkan Budidaya “Kolam Lele Bundar”

Warga Magetan Sukses Kembangkan Budidaya “Kolam Lele Bundar”

Written By KLIK MADIUN on Sabtu, 08 September 2018 | 14.26

   FOTO : Pengembangan lele dengan sistem kolam bunder

KlikMadiun – Memanfatkan media Kolam lele bundar atau kenvensional, berbahan linkaran besi yang yang di sambung serta beralaskan terpal dengan ukuran kapasitar 5 Meter, warga Desa Bendo, Kecamatan Bendo, Magetan, sukses membudidayakan ikan lele.
Selain murah dalam membuatnya, resiko rusak kolam rendah, hasilnyapun bisa diraup sekali panen mencapai 45 juta rupiah.

Didik Lesdiardi, warga desa Bendo ini sukses mengembangkan budidaya ikan lele yang berada di lahan belakang rumahnya,  dengan membuat media kolam bundar atau konvensional.  Sudah hampir 5 tahun dengan bermodalkan kolam bundar  yang berjumlah 18 yang berukuran 5 Meter dengan kapasitas 5000 ikan lele, Didik terus berjuang mengembangkan lele.
hasilnyapun bisa di rasakan yakni satu kali panen dengan ukuran ikan perkilogramnya 15.500 ribu rupiah perkolamnya bisa menghasilkan 4 kwintal. Kalau dikalikan perkilo 15.500 ribu kali 4 kwintal bisa menghasilkan 2,5 juta sekali panen.

Menurut Didik, pembudidaya lele di Magetan masih kurang dan banyak yang gulung tikar, sedangkan peminat ikan lele sangat banyak apalagi wilayah solo,  banyak yang mengambil ikan lele miliknya.

“ sebenernya, stok ikan lele masih kurang di Magetan, sedangkan pasar ikan lele sangat bagus untuk saat ini, banyak pembudidaya terkendala lahan dan modal. Alternative kolam bundar bisa dilakukan siapa saja, serta potensi keuntungannya banyak dan hampir tidak ada ruginnya “, tambah Didik.

“Saat ini budidaya ikan lele miliknya hanya dikelola bersama keluarga, serta bisa dirasakan hasilnya selama ini, sebulan saja sekali panen bisa meraup 45 juta rupiah. Tidak perlu membutuhkan tenaga ekstra, cukup diberi makan lele tiap pagi dan sore. Didik berharap siapa saja bisa mengikuti jejaknya dengan pemanfaatan budidaya seperti ini, terutama pemuda tidak terpakau pekerjaan kantoran bisa mengembangkan ikan lele di Magetan, dengan mecari ilmu di rumahnya” pungkasnya. (klik-4)



Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor 2

Sponsor 2

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN

IKLAN



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2016. KLIK MADIUN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by AGEE Computer
Proudly powered by google