Bantuan Puting Beliung 1 M dari Khofifah Cair, BPBD Berikan Keterangan Terkait Alokasinya

 



KlikMadiun - Bencana angin puting beliung yang menimpa 4 Kecamatan di Kabupaten Madiun, yakni Kecamatan Wonoasri, Madiun, Sawahan dan Jiwan beberapa waktu lalu masih meninggalkan cerita.

 

Dana bantuan 1milyar yang dijanjikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau lokasi bencana telah diterima oleh warga Kabupaten Madiun yang rumahnya rusak pada Rabu (5/1).

 

Terkait alokasi dana bantuan tunai sebagai pengganti kerusakan rumah warga, Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun, Kukuh Yoso menjelaskan alurnya.

 

"Iya kami yang mengelola, lalu kami salurkan langsung ke pihak kecamatan. Yang menyalurkan ke warga,ya pihak kecamatan,"ujar Kukuh saat dijumpai jurnalis KlikMadiun.com, Kamis (13/1/2022).

 

Kukuh mengaku dana yang diterima pihak BPBD sebanyak 1 milyar rupiah dari Pemprov Jatim, kemudian langsung disalurkan ke tim penanganan bencana yang ada di kecamatan. Menurutnya, seluruh dana tersebut sudah 100 persen disalurkan.

 

"Alhamdulillah sudah tersampaikan semua. Ada sekitar 500an bangunan yang harus diperbaiki termasuk rumah warga dan fasilitas umum," ungkapnya.

 

Keterangan Kukuh berbanding terbalik dengan keluhan warga yang belum menerima bantuan. Pasalnya, sebagian warga di Desa Ngadirejo, kecamatan Wonoasri belum menerima ganti rugi.

 

Sementara itu, Camat Wonoasri Heri Kurniawan mengatakan bahwa terkait warga yang belum mendapatkan bantuan tersebut akan ia bantu untuk pengajuan ulang ke pihak BPBD.

 

"Dari yang kita ajukan kemarin, hanya 97 warga saja yang bisa kita cairkan, dengan total dana sekitar 111juta rupiah. Untuk warga yang belum mendapatkan dan belum terdata akan kami bantu pengajuan bantuan ke BPBD,"paparnya usai musyawarah dengan warganya (12/1).

 

Sebagai informasi, bencana angin puting beliung yang merusakkan rumah warga kabupaten Madiun terjadi di 4 Kecamatan dengan total rumah dan fasilitas umum yang alami kerusakan sebanyak 515 unit.(klik-2)

 


Lebih baru Lebih lama