Menteri BUMN Gugah Semangat Pemuda Dalam Seminar Indonesia Maju

 

KlikMadiun -   Menteri BUMN Erick Thohir menyempatkan diri untuk menjadi narasumber Seminar Indonesia Maju dalam rangkaian kunjungannya ke daerah Matraman. Seminar yang diadakan di Graha Samiarto Laksono Unmer Madiun pada Minggu (6/2/2022) berhasil menyedot antusias mahasiswa dan siswa SMA di Kota Madiun.

 

Dalam kesempatan itu, Erick Thohir memaparkan tentang perubahan global yang membutuhkan peran serta para pemuda dalam membangun Indonesia unutk maju dan berkembang. Indonesia diprediksi akan menjadi Negara dengan ekonomi terbesar di urutan ke empat dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Hal ini bukanlah mimpi belaka apabila kawula muda menyiapkan diri sedini mungkin.

 

“Mimpi kalau tidak dijalankan, hanya akan menjadi mimpi. Untuk mencapai mimpi harus memperbaiki diri. Indonesia tidak boleh hanya bergantung pada sumber daya alam saja. Harus menjadi manusia yang kreatif,”paparnya dalam seminar Indonesia Maju.

 

Tahun 2030, Indonesia dituntut menyiapkan sumber daya manusia yang mampu mengahadapi tantangan global di era transformasi digital. Menciptakan 17 juta tenaga kerja yang memiliki kapabilitas tinggi , sehingga mampu bersaing dalam percepatan dunia digital.

 


“Ini sudah saatnya kita mempunyai roadmap baru dalam menciptakan lapangan pekerjaan. Ada 3 tantangan yang harus kita hadapi,  pasar global , disrupsi digital, ketahanan kesehatan. Oleh karenanya, BUMN mendorong talenta muda dan talenta perempuan berkarya bersama membangun Indonesia,"tegas Erick.

 

Oleh sebab itu, BUMN hadir menciptakan berbagai ekosistem ekonomi untuk memberi wadah bagi generasi muda yang memiliki potensi baru. Universitas sebagai tempat untuk melakukan riset dan pengembangan diharapkan mampu memberikan dukungan penuh untuk menemukan bidang baru yang selama tidak pernah terpikirkan oleh pemerintah maupun masyarakat.

 

“Transformasi BUMN dilakukan dalam membentuk ekosistem ekonomi di Indonesia. Bagaimana kita bisa melakukan riset bersama sehingga menemukan bidang yang sebelumnya tidak terpikirkan. Research and development ada di universitas. Sudah saatnya Indonesia menjadi Negara maju, rakyatnya makmur,”ujarnya.

 

Sementara itu, Rektor Universitas Merdeka Madiun Luluk Soelistyo mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang terbaik dengan mendukung pemerintah melalui program merdeka belajar yang sering digaungkan dalam berbagai kesempatan.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama