Gelar Ops. Patuh Semeru 2022 di Simpang Pagotan, Satlantas Polres Madiun Lebih Utamakan Edukasi Humanis

 


KlikMadiun – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Madiun menggelar Operasi Patuh Semeru di Simpang empat Pagotan pada Jumat (17/6/2022) sore.

 

Sasaran operasi kali ini diprioritaskan ke beberapa pelanggaran yakni pengendara di bawah umur, motor berknalpot brong, kendaraan melawan arus, menggunakan handphone saat berkendara, serta tidak menggunakan helm ataupun safety belt.

 

Operasi dengan sandi Patuh Semeru ini dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga 26 Juni 2022. Dalam waktu 4 hari tercatat ada 70 surat tilang diterbitkan.

 

“Per hari ini sudah ada 70 surat tilang. Namun pelanggran yang tertangkap kamera ‘Incar’ sudah sebanyak 114 pelanggaran,”ungkap Kanit Turjawali Satlantas Polres Madiun, Ipda Nanang Setiawan (17/6).

 

Dirinya juga mengakui bahwa banyak pelanggaran yang ditangkap kamera incar dibanding penindakan manual. Hanya saja tilang elektronik ini memiliki beberapa kendala dalam penyampaian konfirmasi kepada pelanggar karena yang sering terjadi adalah pemilik motor sudah berpindah tangan.

 

Namun sejauh ini,  incar dalam Operasi Patuh Semeru ini merupakan sebuah inovasi yang bisa membantu kinerja kepolisian. Hal ini juga dibenarkan oleh Kanit Kamsel Iptu Anita Dyah, sebab penindakan menggunakan metode tilang elektronik lebih efisien.

 

“Penindakan pelanggaran menggunakan tilang elektronik dengan menggunakan kendaraan Incar yang sudah dilengkapi kamera penindakan elektronik,”terang Iptu Anita Dyah.

 

Dalam operasi sore itu, polisi mendapati beberapa pengendara yang melintas melakukan pelanggaran lalu lintas yaitu tidak menggunakan helm. Kemudian para petugas memberikan himbauan atau peringatan melalui edukasi singkat bersifat persuasif dan humanis atas dampak pelanggaran tersebut.


“Kegiatan kali ini lebih bersifat pre entif, juga sosialisasi dan himbauan-himbauan kepada pengendara yang tidak mematuhi lalu lintas,”tambahnya.

 

Tampak salah satu penumpang motor yang masih di bawah umur tidak mengenakan helm, lalu polisi berinisiatif untuk memberikan helm gratis untuk anak tersebut.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama