Legitnya Es Dawet Booba Porang Jadi Jawara Madiun Coolinary Festival 2022

 


KlikMadiun – Madiun Coolinary Festival (MCF) 2022 digelar di Lapangan Pelti, Kota Madiun selama dua hari, mulai tanggal 18 sampai 19 Juni 2022.

 

MCF merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Kota Madiun ke – 104. Menghadirkan ratusan kuliner khas kota pendekar disertai perlombaan unik seputar kuliner antara lain lomba barista, lomba memasak kreatif, swafoto dan video reels instagram.

 

Di antara ratusan jenis kuliner yang tersaji di MCF, ada satu kuliner unik yang sayang untuk dilewatkan. Minuman tradisional yang diolah dari hasil kreasi bahan-bahan pangan dengan kandungan gizi tinggi.

 

Es dawet Booba Porang merupakan salah satu produk inovasi dari Pendekar Porang.  Kepiawaian Tjien Han dan Daud sebagai punggawa Pendekar Porang dalam mengolah penganan berbahan dasar umbi porang tersebut diwujudkan dalam bentuk dawet dan buble atau boba. Dawet yang lazimnya berbahan dasar tepung hunkwe, kini dibuat dari tepung porang. Ditambah siraman susu cair segar dan es Kristal, niscaya minuman satu ini mampu menghilangkan dahaga sekaligus memberikan manfaat untuk sistem pencernaan tubuh.

 

Umbi porang yang diketahui memiliki kandungan serat tinggi dipercaya mampu menyerap lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh.

 

“Porang itu sendiri termasuk serat, jadi bagus untuk diet. Selain itu, kandungan nutrisi dalam porang sifatnya menyerap air dan minyak, jadi bisa untuk mencegah diabet dan kolesterol,”terang Daud saat pembukaan MCF, Sabtu (18/6/2022).


Es dawet booba porang  pernah disajikan saat menjamu tamu dalam  kunjungan Dubes Indonesia untuk Rumania ke kota pendekar beberapa waktu lalu. Hingga akhirnya memikat pihak Rumania untuk berinvestasi dalam industri porang Kota Madiun.

 

Para pengunjung MCF siang itu, tampak ramai mengantri di stan dawet booba porang. Beberapa pembeli yang menikmati segarnya dawet porang mengaku ketagihan dengan legitnya cita rasa dawet dan boba porang.

 

“Rasanya itu legit tapi segar. Cendol dan bobanya itu tidak terasa kalau dari olahan porang, karena teksturnya lembut dan enak. Bikin ketagihan,”ujar Yunika , salah satu pembeli es dawet booba porang.

 

Pendekar Porang sendiri merupakan komunitas kuliner binaan dari PT. Porang Rejeki Jaya yang memiliki banyak produk olahan umbi porang selain dawet porang, antara lain, nasi pecel porang, lempeng porang, es krim porang, wingko porang, bluder porang  dan pie susu porang.(klik-2)

 

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama