Pengurus Lama Tak Mau Buka Suara, Anggota Koperasi PDAM Kota Madiun Merana

 


KlikMadiun.com – Anggota KPRI Wahana Tirta Artha (WTA) PDAM Kota Madiun mengaku kecewa dengan kesepakatan antara pengurus lama dan pengurus baru koperasi.

 

Pasalnya, diputuskan bahwa selisih saldo sebesar 722 juta rupiah dalam pembukuan koperasi yang ditemukan tahun lalu dianggap sebagai kerugian lembaga yang harus ditanggung bersama.

 

“Hampir 1 milyar lho, itu sebenarnya keuntungan koperasi. Namun kemarin kami diminta menyepakati keputusan bahwa selisih itu sebagai kerugian bersama. Pengurus lama meminta belas kasihan kami, mereka mengaku tak sanggup mengembalikan jumlah tersebut,”cerita salah satu anggota yang enggan disebutkan identitasnya kepada jurnalis klik madiun.com, Rabu (27/7/2022).

 

Diberitakan sebelumnya bahwa pengurus baru  menanggung kerugian sebesar 325 juta rupiah. Menurut keterangan ketua pengurus, sebagian kerugian ditanggung oleh pengurus lama. Meski sempat diperiksa pihak kepolisian atas dugaan tindak pidana korupsi, namun akhirnya kasus ditutup karena tidak ditemukan kerugian negara.

 

“Bagaimana tidak ditemukan kerugian negara, dalam anggaran dasar disebutkan sebagian modal dari Perusahaan Daerah Bank Pasar (Kota Madiun,red). Sebagian juga dari CSR INKA saat itu,”tambahnya.

 

Dirinya juga merasa heran kenapa kasus dugaan korupsi di tubuh Koperasi WTA tiba-tiba dihentikan, padahal beberapa saksi sempat diperiksa dan memberikan keterangan dengan sangat jelas.

 

Ditambah lagi, dalam laporan akhir tahun ia tercatat masih berhutang jutaan rupiah ke koperasi, padahal hutangnya sudah dilunasi.

 

“Padahal dulu kita diberi pinjaman tidak seberapa dan sudah lunas. Tapi kemarin malah ada hutang dan jumlahnya membengkak,”keluhnya.

 

Ia menyayangkan kelalaian bendahara dalam pembukuan koperasi WTA. Sebab, dalam AD ART koperasi tersebut di pasal 22 ayat 2 menyebutkan jika kesengajaan atau kelalaian mengenai sesuatu yang termasuk pekerjaan beberapa orang anggota pengurus, mereka secara bersama menanggung kerugian untuk seluruhnya.(klik-2)

Selamat Idul Fitri 1443 H

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama