Tak Mengirimkan Seniman Lukis di Matraman Art Festival, Diduga Dewan Kesenian Lalai Sampaikan Informasi


Klikmadiun.com – Gelaran festival seni  melukis bertajuk Matraman Art Festival (MAFest) yang diadakan di halaman Bakorwil I Madiun nampak sepi peminat. Terbukti dari minimnya peserta yang mengikuti kompetisi melukis yang diadakan pada Selasa (25/20/2022) malam.

 

Masih dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Jawa Timur ke-77, MAFest juga meliputi lomba-lomba untuk para pelajar dan umum. Sedangkan  seni lukis dibuka untuk para pelukis di wilayah kota dan kabupaten se-Bakorwil I Madiun. Dan setiap daerah diijinkan untuk mengirimkan 2 peserta.

 

Disayangkan banyak pihak, dari sekian daerah yang mengirimkan senimannya di ajang MAFest, terdapat 4 daerah yang tidak berpartisipasi dalam kontes seni lukis tahun ini. Antara lain Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Ponorogo.

 

"Kita saat technical meeting (TM) sudah menghadirkan para dinas terkait di setiap kota dan kabupaten wilayah Bakorwil Madiun untuk mensupport senimannya. Dengan surat yang ditujukan kepada pemimpin daerah sehingga bisa di-disposisikan. Namun kenapa 4 daerah ini pesertanya tidak hadir" ujar Dwi Kartika Rahayu sebagai Panitia MAFest Bidang Festival Seni Lukis, Selasa (25/10/2022) malam.

 

Beberapa seniman lokal dari daerah tersebut mengaku bahwa mereka mengetahui perihal festival seni lukis dari grup Whatsapp tertutup khusus seniman lukis. Pihaknya mengatakan bahwa tidak mendapatkan informasi secara resmi dari instansi terkait ataupun dewan kesenian.



 

"Teman saya ini tahunya baru mas, saat saya  japri ke dia. Bilang ke saya tidak dapat info dari dinas atau dari dewan kesenian"pungkas perempuan yang akrab disapa Tika tersebut  sembari menunjukkan seniman asal kota Madiun yang juga ketua Himpunan Pelukis  Madiun (HISMA).

 

Senada dengan Tika, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Magetan sekaligus Sekjen Kesenian Provinsi Jawa Timur Agung WHS mengatakan tentang minimnya dukungan dinas terkait untuk para seniman khususnya seni lukis.


"Kegiatan ini sangat baik untuk kita semua agar bisa lebih kenal dengan seniman dari daerah lain. Dan seperti Trenggalek, Tulungagung itu dinasnya sangat mensuport. Kalau dinas dari 4 daerah ini saya kurang  paham.  Kata teman-teman di grup mereka malah tidak dikasih tahu adanya MAFest ini"pungkas Agung.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama