Gempa M 6.0 Guncang Pacitan, Getaran Terasa Hingga Madiun



Klikmadiun.com – Gempa berkekuatan 6.0 magnitudo mengguncang wilayah Pacitan , Jawa Timur dini hari ini , Kamis (8/6/2023) sekitar pukul 00.04.


Berdasarkan catatan BMKG, gempa berpusat  di titik koordinat 9.05 LS – 110.69 BT atau berjarak 117 km barat daya Pacitan Jawa Timur.


Pusat gempa berada pada laut kedalaman 10 km, namu tidak berpotensi tsunami. Getaran gempa, tidak hanya dirasakan warga Pacitan. Getaran terasa hingga wilayah Madiun, Kediri, Malang, Yogyakarta, Klaten, Sukoharjo, hingga Kudus.


Salah seorang warga Madiun, Hadi mengaku dirinya sampai terbangun dari tidur saat gempa. Ia mengaku kaget saat kaca jendela rumah bergetar kencang.


“Kebetulan saya tidur di lantai, terasa sekali guncangannya. Dan kaca jendela itu sampai bergetar kencang, akhirnya saya dan keluar rumah sebentar,” cerita Hadi.


Hal yang sama dilakukan juga oleh warga lain di Madiun. Mereka keluar rumah untuk mengantisipasi getaran lanjutan.


Indormasi terbaru dari BMKG, gempa dirasakan di sejumlah tempat dengan skala yang berbeda, antara lain V Yogyakarta,III Semarang, III Jepara, IV Ponorogo, IV Karangkates, IV Kepanjen, III Madiun, III Sukorejo, II Demak, III Banjarnegara.


Pihak BMKG mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan adanya kemungkinan potensi gempa susulan.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama