Kawasan Kali Gempol Pancasila Nambangan Lor Bakal Dirombak, Wali Kota Madiun Sosialisasikan Rancangan Wisata Air ke Warga



Klikmadiun.com - Rencana Pemerintah Kota Madiun untuk menghilangkan stigma kumuh kawasan Kali Gempol Pancasila di Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo akan segera terwujud. Pasalnya di kawasan tersebut akan dijadikan lokasi wisata air. Wisata air itu nantinya akan memanfaatkan sungai Bengawan Madiun dengan rute mulai dari di wilayah Kelurahan Nambangan Kidul, Nambangan Lor ingga ke Manguharjo.

 

Sebelum mengawali pembangunan proyek wisata air di sepanjang tepi Bengawan Madiun tersebut, Wali Kota Madiun Maidi memberikan sosialisasi terkait pelaksanaan usulan pembangunan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pengentasan Pemukiman Kumuh Terpadu (PPKT) yang diselenggarakan di Aula Kantor Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun pada Minggu (4/6/2023) malam.

 

“Ada beberapa ide wisata yang dirancang. Nanti disitu akan kita bangun dermaga, sekitarnya akan kita lengkapi dengan wisata kuliner primitif dengan menu-menu khas Kota Madiun,”jelas Maidi.



 

Wisata air yang dimaksud adalah ski dan kano air. Sesuai rancangan, jarak tempuh kedua wisata itu sekitar 1,5 kilometer. Namun sebelumnya, pihak Pemkot Madiun juga akan melakukan koordinasi dengan pihak Balai Besar Bengawan Solo (BBWS) untuk melakukan penelitian.

 

Selanjutnya akan dilakukan pembersihan dan pembangunan sarana dan prasarana pendukung, antara lain tangga dan dermaga. Tender pembangunan dermaga akan dilakukan tahun ini.

 

“Sumber daya alam yang kita miliki harus dikelola dengan baik. Kita berupaya mewujudkan itu,”tutupnya.(klik-2)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama