Serunya Pelatihan Decoupage Bareng Wawali Inda Raya dan Madiun Art Classes di Lapas I Madiun





Klikmadiun.com -  Rabu (1/11/2023) siang bertempat di Ruang Kunjungan Lapas Kelas I Madiun,  Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya menggandeng Madiun Art Classes menggelar Pelatihan kerajinan tangan Decoupage bagi warga binaan pemasyarakatan  (WBP).


Pelatihan Decoupage ini merupakan bagian dari inisiasinya untuk menghibahkan gaji lima bulan terakhir masa jabatan untuk masalah melalui program IR* Madiun Kota Membangun.


Decoupage sendiri merupakan seni menghias benda atau media dengan cara menempelkan kertas atau kain pada benda.


Sebelumnya, Inda Raya bekerja sama dengan Bumbu Bamboe dan Lapas Kelas I Madiun telah sukses memberikan pelatihan Tata boga bagi WBP.


Kegiatan pelatihan kerajinan tangan tersebut merupakan wujud sinergitas dengan Lapas Kelas I Madiun dalam membentuk sumber daya manusia (SDM) yang lebih memiliki skill dan berpotensi.



"Program  IR Madiun Kota Membangun, bukan hanya infrastruktur tapi juga SDM-nya. Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama dalam hal peningkatan sumber daya manusia, dibanding dengan warga biasa yang belum pernah tersangkut perkara hukum. WBP tentunya akan sedikit lebih susah mendapatkan pekerjaan ketika mwreka keluar nanti. Nah, saya berkeinginan dengan pelatihan-pelatihan yang saya adakan mandiri di Lapas ini, setidaknya mereka mempunyai skill wirausaha dan bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan finansialnya,"bebernya.



Pelatihan kerajinan tangan sengaja dipilih agar para warga binaan memiliki bekal yang cukup sehingga mampu mengasah kreatifitas dan seni kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


"Selain itu, modal untuk membuat kerajinan tangan tersebut tidak sampai 30 ribu rupiah, nanti dengan kreatifitas dan jiwa seni, tentunya produk-produk bisa bernilai tinggi,"kata Inda.


Sebanyak 25 warga binaan tampak antusias mengikuti kelas kerajinan tangan siang itu. Menurut Inda, ilmu ataupun ketrampilan berhak diperoleh siapapun termasuk mereka yang berada di balik jeruji penjara.


"Tadi pesertanya sejumlah 26 warga binaan, mereka antusias sekali mengikuti kelas ini hingga selesai. Menurut saya, membangun SDM itu untuk siapa saja,"pungkasnya.


Sementara itu, Plh Kalapas I Madiun Budi Ruswanto memberikan apresiasi yang tinggi atas program inisiatif dari Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya tersebut. Dirinya berharap agar dengan adanya pelatihan kerajinan tangan ini, warga binaan menjadi lebih berinovasi dan kreatif.


"Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dari Ibu Wakil Wali Kota Madiun. Semoga dengan pelatihan ini bisa semakin berkah dan barokah. Serta memberi manfaat dan bekal bagi WBP ketika bebas nanti,"tuturnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama