Perayaan Galungan Digelar Pura Agung Sanggha Bhuwana Lanud Iswahjudi




Klikmadiun.com - Umat Hindu di wilayah Madiun Raya merayakan hari suci Galungan du di Pura Agung Sanggha Bhuwana Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan. Galungan diselenggarakan dalam rangka perayaan kemenangan atas segala kebaikan. Merupakan hari yang istimewa bagi umat Hindu.


Letkolsus I Wayan Sudartika S.A.G, Perwira rohani TNI AU Lanud Abd. Saleh Malang, mengatakan bahwa perayaan Galungan adalah acara rutin yang dilakukan setiap 7 bulan sekali. 


"Hari suci Galungan merupakan perayaan kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan) yang diisi dengan persambahyangan bersama di sejumlah pura," jelasnya, Rabu (28/2/2024.


Ia menambahkan bahwa makna dari Galungan adalah berjuang, berkompetisi, dan bersikap netral dalam menjalani kehidupan sesuai dengan kebenaran atau kehendak Tuhan.


“Kita harus bahagia karena kita bergerak sesuai dengan alam semesta. Jadi intinya tidak perlu khawatir akan kehidupan,” imbuhnya.


Ia juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya umat Hindu, untuk kembali kepada jati diri sendiri di hari suci Galungan ini. Ia mengajak mereka untuk selalu berpikir positif, melakukan intropeksi diri, dan tidak menyalahkan orang lain.


“Semoga di hari suci Galungan ini kita sebagai manusia bisa lebih bermanfaat kepada siapa saja,” tutupnya.(klik-2)




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama