Rangkaian Peringatan Hari Bhayangkara Ke -77, Polres Madiun Kota Gelar Donor Darah



 

Klikmadiun.com - Polres Madiun Kota menggelar kegiatan donor darah dalam rangka rangkaian acara peringatan  HUT Bhayangkara ke-77, pada Kamis (15/6/2023). Kegiatan ini juga bertujuan agar dapat menambah Stok Darah untuk PMI yang sangat di butuhkan masyarakat.

 

Donor darah diikuti oleh personil Polres Madiun Kota, Bataliyon C Sat Brimob Polda Jatim, Kodim 0803, ASN dan Bhayangkari, dilaksanakan di Gedung Sunaryo, Mapolres Madiun Kota.

 

 

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Polri khususnya Polres Madiun Kota terhadap kebutuhan darah di wilayah Kota Madiun dan sekitarnya, dengan menggandeng PMI Kota Madiun melalui momen memperingati HUT Bhayangkara ke -77.

 

Jumlah peserta donor sebanyak 103 orang dan yang berhasil mendonorkam darahnya sebanyak 80 orang selebihnya 23 orang tidak bisa mendonorkan darahnya dikarenakan Hb tinggi : 13 orang, Hipertensi: 7 orang, Minum obat: 2 orang dan Habis donor kurang 2 bulan : 1 orang.

 

Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto, SIK., MH. melalui Kasi Dokkes Dr. Sukamto mengatakan tentang pentingnya kegiatan donor darah baik bagi calon penerima maupun pendonor.

 

“Setetes darah begitu penting bagi kelangsungan hidup seseorang. Disamping itu, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan si pendonor itu sendiri,”terangnya.

 

Menurutnya tidak semua yang akan mendonorkan darahnya bisa lolos, karena peserta yang mendonorkan darah terlebih dahulu melakukan pemeriksaan awal, seperti tensi darah hingga pemeriksaan Hemoglobin (HB).

 

 

"Dari PMI ada syaratnya, seperti HB-nya itu tidak terlalu rendah dan tinggi, tensi harus normal, dilihat ada atau tidak riwayat penyakit, sehingga kualitas darah yang disumbangkan memiliki kualitas terbaik," jelasnya.

 

 

"Kita berharap kegiatan hari ini memberi manfaat untuk masyarakat, khususnya mereka yang membutuhkan darah. Semoga juga bernilai sebagai amal ibadah di Sisi Allah, Tuhan yang Maha Esa, ” pungkasnya.(klik-2/hms)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama