Gelaran Wayang Kulit Peringati HJKM ke-105 dan HUT Bhayangkara ke-77, Sekaligus Edukasi Warga Pentingnya Regulasi Cukai



Klikmadiun.com - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Madiun (HJKM) ke-105 dan HUT Bhayangkara ke-77, pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) bekerja sama dengan Bea Cukai Madiun menyelenggarakan Pagelaran Seni Budaya Wayang Kulit pada Jumat (30/6/2023) di Pahlawan Bisnis Center (PBC).


Uniknya, pagelaran wayang malam itu menampilkan 5 Dalang sekaligus, yaitu Dyah Ayu Kusumaningtyas, Danang Danardhana, Nabil Ekri, Dafa Sakrisna Prasetyo dan Ki Aditya Krisna.


Menampilkan lakon 'Gatutkaca Winisudo', pagelaran wayang kulit dimeriahkan oleh pelawak kondang Cak Yudho dan Andik TB. Selain itu, penonton yang hadir juga dihibur dengan Tarian gambyong dan karawitan dari SDN Nambangan Lor 01.


Penyerahan gunungan dilakukan langsung Wali Kota Madiun Maidi sebagai pertanda dimulainya pagelaran wayang semalam suntuk. Turut menghadiri gelaran seni budaya yakni Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyowati Maidi, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya, Kepala Bakorwil I Madiun Heru Wahono Santoso, Sekda Kota Madiun Soeko Dwi Handiarto, Kapolres Madiun Kota AKBP Agus Dwi Suryanto, KPPBC Tipe Madya Pabean C Madiun Iwan Hermawan serta jajaran Forkopimda dan stakeholder terkait. 


Dalam sambutannya, Wali Kota Madiun Maidi memperkenalkan Pahlawan Bisnis Center (PBC) sebagai Windows Display Jawa Timur bagian Barat. Dirinya juga mempersilakan warga setempat menggunakan lokasi tersebut untuk menyelenggarakan hajatan ataupun aktivitas lainnya.



"Apabila ada warga yang punya gawe, masyarakat Kota madiun bisa menggunakan tempat ini. Tempat ini merupakan Pahlawan Bisnis Center (PBC) sebagai Windows display Jawa Timur bagian Barat,"paparnya dalam sambutan (30/6).



Ditambahkan Maidi, menguatkan khasanah seni dan budaya Kota Madiun akan digelar fashion show Batik yang menampilkan produk-produk batik dari kelurahan se-kota Madiun. 



"Besok pada tanggal 1 Juli 2023 akan dilaksanakan lomba Fashion show Batik yang pesertanya dari tiap-tiap kelurahan dan yang juara 1 akan dibeli dan dipakai oleh OPD se-Kota Madiun sebagai pakaian Kerja,"imbuhnya. 


Di akhir, Maidi menyampaikan pesan agar masyarakat Kota Madiun senantiasa menjaga kerukunan dan kebersamaan demi menciptakan Kota Madiun yang aman dan nyaman.




"Terpenting di kota Madiun harus guyub rukun dan saya berpesan Kota kita usia semakin bertambah dan usia kita semakin kurang, jangan terlambat berbuat baik dan jangan terlambat berbuat jujur,"pungkasnya.



Dalam sesi dagelan atau hiburan yang lazim disebut sesi 'goro-goro' dalam gelaran Wayang kulit, Cak Yudho dan tim menyelipkan informasi kepada penonton akan pentingnya regulasi Cukai. Terutama terkait pencegahan peredaran rokok ilegal. Sebab, peredaran rokok ilegal tanpa pita cukai akan merugikan negara.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama