Klasik, Gala Dinner Menutup Rangkaian Acara Muhibah Budaya Mataram di Kota Madiun



Klikmadiun.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar gala dinner untuk menutup rangkaian kegiatan Muhibah Budaya  yang bertema ‘Merajut Budaya Mataraman Yogyakarta di Kota Madiun, Jawa Timur’ pada Selasa (25/7/2023) di halaman Balai Kota Madiun. Sebelumnya beragam kegiatan untuk mengenal lebih dalam tentang budaya Matraman telah diselenggarakan mulai tanggal 20 Juli lali. Antara lain Pameran Permusiuman Mahabandhana yang digelar di rumah dinas Wali Kota, Pawiyatan Jawa di kantor Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun serta berbagai acara menarik yang sarat kebudayaan.


Dalam gelaran gala dinner, tamu-tamu undangan dan masyarakat yang turut menonton disuguhi hiburan khas budaya Matraman. Ada tari klasik gaya Yogyakarta yakni Beksan Golek Jangkung Kuning, Beksan Pethilan Anila dan lantunan gendhing macapat yang diiringi langsung tabuhan gamelan Jawa.


Melalui penampilan tersebut, ruh budaya Matraman semakin terasa kental dalam lingkungan Kota Madiun. Menurut Wali Kota Madiun Maidi dalam sambutannya, bahwa kota dengan julukan pendekar ini merupakan bagian dari wilayah Matraman kala dahulu sehingga sebagian besar budaya yang melekat pada masyarakat tidak jauh berbeda dengan budaya khas Yogyakarta.


“Kota Madiun ini budayanya ikut Yogyakarta, namun kemajuannya ikut dunia. Memang kita tidak memiliki banyak sumber daya alam, namun kita belajar dari Yogyakarta melalui budaya bisa terus menggali potensi yang ada untuk meramaikan kota,”tutur Maidi (25/7).




Wali Kota memberikan apresiasi atas sumbangsih Yogyakarta untuk turut mengenalkan lebih dekat budaya Jawa ke masyarakat Kota Madiun melalui beragam program dan kegiatan menarik.


“Terima kasi kami ucapkan kepada jajaran pemrintah Yogyakarta yang telah bersedia bekerja sama dengan kami dalam pengenalan budaya Jawa ke masyarakat. Semoga dengan beragam kegiatan yang telah dilaksanakan mampu melestarikan budaya kita,”tutupnya.


Turut menghadiri acara gala dinner yaitu Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGPAA Paku Alam X, Wali Kota Madiun Maidi, Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya beserta jajaran Forkopimda.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama