Suran Agung 2023 Sukses Zero Accident, Andro Rohmana : ‘Sebuah kemasan event budaya perlu dukungan pemerintah’


Klikmadiun.com – Gelaran kegiatan tahunan Suran Agung yang diadakan Perguruan Setia Hati Winongo Tunas Muda (PSHW-TM) pada Minggu (30/7/2023) pagi berlangsung sukses. Ribuan pendekar dari salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia itu memadati ruas-ruas jalan di Kota Madiun.


Turut hadir dan turun ke jalan dalam kegiatan akbar tersebut antara lain Pengasuh PSHW-TM Agus Wijono Santoso, Wali Kota Madiun Maidi, Wakil Wali Kota Inda Raya, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya,  Bupati Madiun Ahmad Dawami, Konsultan event olahraga Internasional sekaligus Caleg DPR-RI Andro Rohmana Putra dan jajaran Forkopimda Madiun.


Suran Agung sendiri merupakan sebuah momentum titik balik untuk kembali mendalami makna ajaran-ajaran dan nilai luhur yang telah diserap oleh seluruh sedulur (saudara, red) perguruan tersebut. Kegiatan sakral itu digelar dari tahun ke tahun setiap bulan Muharam sekaligus sebagai perayaan tahun baru Islam.


Seperti yang diungkapkan oleh Andro Rohmana bahwa Suran Agung adalah sebuah kegiatan yang sarat akan nilai luhur ajaran dari perguruan yang dirintis Eyang Suro.


“Suran Agung PSHE-TM ini sebenarnya sebuah momentum untuk memurnikan kembali ajaran-ajaran yang sudah diberikan oleh Eyang Suro termasuk Bapak pengasuh yang sekarang. Agar kita sedulur-sedulur PSHW-TM selalu mengingat ajaran tersebut. Sehingga menjadi suatu hal yang baik ketika semua saudara berkumpul untuk kembali mendengarkan dan me-refresh nila dan ajaran yang sudah diberikan tunas muda ke saudara seasuhan. Sekaligus menjadi momentum kita saudara seasuhan untuk saling bersilaturahmi dan mengenal satu sama lain,”ungkap Andro (30/7).


Gelaran Suran Agung tahun ini menjadi sangat spesial bagi seluruh pendekar PSHWW-TM, pasalnya selama dua tahun sebelumnya harus ditiadakan karena kebijakan saat pandemi Covid-19. Usai vakum 2 tahun, alhasil jumlah pesertanya membludak. Namun meski massa yang turun ke jalan mencapai ribuan, kegiatan Suran Agung 2023 berlangsung aman dan kondusif, jauh dari kesan sangar khas pendekar.


“Antusias dari dulur-dulur sangat luar biasa, apalagi sudah dua tahun tidak diselenggarakan.Terlepas dari itu, kegiatan bisa berjalan aman dan kondusif. Panitia dan korlap bekerja luar biasa terbukti dengan zero accident,”ujar Andro.


Menurut Andro, Suran Agung merupakan salah satu kearifan lokal yang memiliki potensi wisata budaya. Akan lebih menarik apabila dikolaborasikan dengan inovasi kreatifitas masa kini sehingga mampu menarik wisatawan.


“Saya rasa kegiatan Suran Agung ini merupakan sebuah kemasan event budaya yang bisa menarik minat wisatawan baik lokal maupun manca negara. Tentunya, apabila event bisa berlangsung dengan baik, maka roda perekonomian di Madiun masyarakat sekitarnya ikut meraskan manfaatnya. Ke depan, kegiatan Suran Agung ini perlu kepedulian dan dukungan pemerintah serta stake holder terkait,”paparnya.


Ditambahkan Andro, bahwa tidak bisa dipungkiri selama ini sedulur PSHW-TM dengan suka rela menghimpun dana swadaya untuk operasional pelaksanaan Suran Agung. Keterlibatan pemerintah baik dari sisi materiil dan spiritual sangat dibutuhkan untuk terselenggaranya acara budaya tahunan ini.


“Bahwa Suran Agung ini sudah menjadi suatu kebudayaan yang dilakukan setiap tahun terus menerus. Perlu dukungan pemerintah dan seluruh stake hollder. Bahwa kegiatan budaya ini dapat mendatangkan wisatawan apabila pemerintah juga terlibat dari sisi pemikiran maupun dari sisi penyelenggaraan. Karena bagaimanapun juga kita Suran Agung ini kebanyakan adalah dari dana swadaya saudara-saudara seasuhan. Bilamana memang pemerintah dan stake holder lain turut memberikan sumbangsihnya,”lanjutnya.


Dirinya berharap agar ke depan terjalin sinergitas apik dari semua elemen baik pemerintahan ataupun masyarakat untuk turut serta melestarikan seni dan budaya melalui kegiatan Suran Agung ini.


“Bilamana diberi sebuah kesempatan, saya akan memberikan ide-ide kreatif agar sedulur yang melaksanakan Suran Agung lebih memiliki experience terkait pelaksanaannya, jadi apa yang sudah baik ini tentunya apabila ada ide kreatif akan lebih sukses dan baik lagi,”pungkasnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama