Surprise! Warga Gembira, Pawai Taaruf Masjid Al Ghifari Manisrejo Kedatangan Wawali Kota Madiun Inda Raya

 


Klikmadiun.com – Acara pawai taaruf dalam rangka memperingati 1 Muharam 1445 Hijriyah yang digelar oleh Masjid Al Ghifari, Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman dihebohkan dengan kehadiran Wakil Wali (Wawali) Kota  Madiun Inda Raya beserta sang suami Bagus Adhitama.


Pagi itu, Minggu (30/7/2023) kurang lebih 100 santri Taman Pendidikan Al Quran (TPA) Masjid Al Ghifari tengah bersiap untuk mengikuti pawai taaruf, tiba-tiba salah satu warga melihat Inda Raya dan suami bersepeda melintas depan masjid. Sontak warga itupun menghentikan laju sepeda Wakil Wali Kota, kemudian memintanya untuk turut gabung bersama rombongan pawai.


Mendadak riuh ibu-ibu pengajian Annisa yang merupakan majelis taklim masjid tersebut berebut untuk bersalaman dan berswafoto. Warga tidak menyangka dengan kehadiran Wakil Wali Kota perempuan pertama di Madiun itu. Kekaguman wargapun bertambah ketika Inda Raya turut serta keliling membersamai anak-anak pawai. 


“Kebetulan saya tadi sama mas Bagus itu bersepeda kesini mau ke rumah orang katering langganan saya, di depan situ. Tidak tahunya disini ada ramai-ramai apa, ternyata ada anak-anak mau pawai taaruf, terus tadi diajakin gabung,”ujar Inda senang (30/7).


Inda Raya tak segan bergabung langsung dengan warga berjalan kaki sembari mendengar celoteh khas ibu-ibu komplek. Dirinya mengaku senang, di tengah kesibukannya mengemban tugas pemerintahan bisa bersendau gurau langsung dengan masyarakat.


“Alhamdulillah, senang sekali saya, saya sampai terharu tadi diminta mendoakan dan memotong tumpeng sekalian dalam rangka ulang tahun TPA Al Ghifari,”imbuhnya.


Perempuan yang kerap dijuluki Ibu UMKM itu memberi apresiasi atas kreativitas warga dengan mengadakan kegiatan yang mampu membangun kerukunan dan ukhuwah Islamiyah sehingga persatuan semakin terjaga di lingkup terkecil sekalipun.


“Ini merupakan salah satu contoh kegiatan yang baik sekali dalam mmeperingati tahun baru Islam 1445 Hijriyah. Dimana kegiatan ini mengajarkan kebaikan, silaturahmi dan ukhuwah islamiyah dan tadi saya mendengar bahwa warga yang non muslim pun ikut urunan dan mendukung acara ini. Itu luar biasa sekali. Wah, keren sekali ini. Kegiatan ini juga sekalian untuk menyambut bulan Kemerdekan RI,”jelasnya.


Sementara itu, Ketua Panitia rangkaian kegiatan peringatan 1 Muharam 1445 Hijriyah Masjid Al Ghifari, Edi Priyono Santoso mengaku bangga dengan kehadiran Wakil Wali Kota Madiun di acara tersebut. 


“Alhamdulillah, kita bangga, tapi juga kaget tadi campur terharu. Tadi Ibu Wawali berkenan membersamai kegiatan kami,”kata Edi.


Senada, Edi juga menyebutkan bahwa kegiatan pawai taaruf dan perayaan hari jadi TPA Al Ghifari ke-15 ini merupakan momentum untuk menjalin kerukunan antar warga setempat. Kegiatan-kegiatan bersifat Islami diharapkan mampu mengenalkan makna datangnya tahun baru Hijriyah ke masyarakat khususnya anak-anak.


“Pawai taaruf ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati bulan Muharam. Selain pawai ada doa Istighosah, hari ini juga ada peringatan ulang tahun TPA Al Ghifari ke-15. Nanti di tanggal 2 (Agustus, red) ada santunan dan pengajian juga,”jelasnya. 


Selain pawai taaruf, pagi itu Inda Raya dan warga setempat juga menyaksikan kebolehan santri-santri TPA Al Ghifari dalam melantunkan senandung Islami.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama