Gunungan Ayam Panggang Meriahkan Malam Tirakatan HUT RI Ke 78 Desa Luworo

KlikMadiun- Meriahkan malam tirakatan Hari Kemerdekaan RI ke 78, warga desa Luworo  Kec. Pilangkenceng Madiun adakan pawai keliling kampung, 16/8/2023.


Pada pawai tahun ini diikuti warga Rt. 2 dan 4 Kasun 1 . Tampak antusias dan semangat  warga untuk mengikuti pawai. Warga berjalan  mengeilingi kampung dengan membawa tumpeng yang berisikan tumpeng panggang ayam yang berjumlah 45.


Dengan tema Kebersamaan dan Tirakatan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 78, Kirab budaya  ini diprakarsai Sinoman Rukun Budoyo yang ada di Desa Luworo.


Samiran selaku Ketua Panitia Kirab Budaya Tirakatan  HUT Kemerdekaan RI ke 78, menyampaikan, tujuan dari kirab budaya ini adalah untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan yang telah gugur untuk merebut kemerdekaan negara Indonesai.


" Kirab ini melibatkan berbagai insur, diantaranya sesepuh, ulama, tokoh masyarakat, muda-mudi, bapak, ibu- ibu dan  anak- anak. Semuanya kita libatkan. Tujuanya biar semua ingat akan perjuangan para pahlawan kita" ungkapnya.


" dan sebagai rasa syukur kita pada sang Pencipta, dalam kirab ini, kita ada dua gunungan besar  yang berisi hasil bumi dan panggang ayam yang berjumlah 45 panggang. Itu semua barasal dari sumbangan warga, " tambahnya.


" nantinya setelah berkeliling desa, isi dari gunungan akan kita makan bersama sama dengan seluruh peserta pawai budaya dan warga masyarakat" pungkas Samiran 


Setelah berkeliling,  peserta dan warga melakukan doa bersama membaca Tahlil  untuk para pahlawan dan bangsa Indonesia agar hidup rukun, damai dan terbebas dari berbagai ancaman baik dari luar dan dalam.( Klik-1)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama