Apa Kulminasi? Cek Jadwal Hari Tanpa Bayangan untuk Madiun

 

Klikmadiun.com - Cuaca yang sangat panas belakangan ini sering dikaitkan dengan fenomena kulminasi. Namun sebenarnya kulminasi bukanlah penyebab cuaca panas saat ini.


Apakah kulminasi itu ?


Kulminasi adalah peristiwa ketika matahari berada pada titik tertinggi. Sehingga deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, jadi matahari akan berada tepat di atas kepala. Oleh karena itu, bayangan tegak akan menghilang dan bertumpuk dengan benda itu sendiri.


Peningkatan suhu memang terjadi, namun tidak terlalu signifikan hanya sekitar 1 derajat Celcius.



Fenomena ini biasa terjadi dua kali dalam kurun waktu satu tahun. Dengan jadwal setiap daerah berbeda. 



Kapan Wilayah Madiun mengalami kulminasi atau hari tanpa bayangan?


Beberapa flyer yang bersumber dari BMKG Juanda, wilayah Jawa Timur akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan mulai tanggal 11 hingga 14 Oktober 2023.


Sedangkan untuk wilayah Madiun sendiri kulminasi utama bisa dirasakan pada tanggal 13 Oktober sekira pukul 11.20. Berikut jadwal kulminasi utama untuk beberapa daerah di Jawa Timur :


1. Tanggal 11 Oktober 2023 yaitu wilayah Sumenep, Tuban dan Bangkalan.

2. Tanggal 12 Oktober 2023 yaitu Pamekasan, Sampang, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Ngawi.

3. Tanggal 13 Oktober 2023 yaitu Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Jombang, Kediri, Nganjuk, Magetan.

4. Tanggal 14 Oktober 2023 yaitu Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Malang, Batu, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo. (Klik-2)

  

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama