Dukung NPCI Kota Madiun, Andro Rohmana Serahkan Seragam Bagi Atlet

foto : Andro Rohmana bersama para atlet NPCI Kota Madiun, Sabtu (14/10/2023).



Klikmadiun.com - Sore yang sedikit terik pada Sabtu (14/10/2023) tidak menyurutkan semangat para atlet paralimpik Kota Madiun untuk berlatih di Stadion Wilis. Ada atlet lari, lompat jauh, boccia, sementara duduk di bangku tepi lapangan ada atlet tenis meja dan catur untuk memberikan semangat kepada teman-teman sesama penyandang disabilitas.


Sesaat kemudian, mereka dikejutkan dengan kehadiran Andro Rohmana. Pria yang saat ini concern sebagai konsultan perencana gelaran olahraga melalui PT. Andai Kau Tahu (WYSIWYG.id) dikenal memiliki kepedulian penuh terhadap atlet paralimpik Indonesia.


Putra daerah kelahiran Kota Madiun ini mengaku bangga dengan talenta yang dimiliki atlet - atlet penyandang disabilitas yang ada di kota pendekar. Menurutnya, kesetaraan dan keadilan dalam segala bidang harus terus dilakukan untuk memberi wadah bagi para difabel sehingga mampu mencetak prestasi.



"Kota Madiun potensinya sangat luar biasa, khususnya teman-teman disabilitas. Mereka harus mempunyai wadah khusus, ya saluran olah raga ini yang bisa memfasilitasi mereka untuk berprestasi. Seperti halnya saat ini NPCI sudah terpisah dari KONI, namun komitmen Pemerintah itu sendiri untuk memberikan akses kesetaraan dan keadilan bagi masyarakat nya khususnya disabilitas,"papar Andro.



Sebab itu, tidak ada alasan pemerintahan di daerah untuk tidak turut serta berperan aktif dalam memberikan dukungan dan fasilitas bagi kepada atlet paralimpik Kota Madiun. 



"Saya mendorong semoga kepedulian dari Pemerintah Daerah maupun stakeholder lainnya untuk turut membangun apa yang menjadi harapan saudara - saidara kita yang disabilitas," lanjutnya. 



Tercatat tim atlet paralimpik Indonesia pernah tiga kali menjadi juara umum gelaran olahraga kelas Internasional.


"Sebagai gambaran yang membawa Indonesia harum namanya di kancah internasional adalah para atlet paralimpik yaitu di Asian Paragames secara berturut-turut juara umum 3 kali,"ungkapnya. 


Dalam kesempatan sore itu, usai berbincang dengan pengurus dan atlet NPCI Kota Madiun, Andro menyerahkan seragam untuk para atlet. Seragam olah raga itupun didesain khusus oleh dirinya. Ia berkata bahwa desain yang digunakan adalah desain kaos yang dipakai atlet paralimpik nasional saat acara try out di Paris beberapa waktu lalu.



"Tadi kami memberikan seragam kepada teman atlet paralimpik Kota Madiun. Seragam ini adalah yang digunakan atlet nasional untuk try out keperluan di Paris. Harapan saya seragam ini bisa menginspirasi teman-teman untuk berprestasi walaupun dengan segala keterbatasan,"ucap Andro.



Lebih dari itu, Andro berharap agar atlet paralimpik Kota Madiun ada yang mewakili Indonesia di kancah kompetisi olahraga tingkat Internasional.


"Ada pesan dalam seragam tersebut, semoga nanti ada atlet paralimpik Kota Madiun ada yang bertanding di laga Internasional untuk mewakili Indonesia,"harapnya.


Di akhir, ia menegaskan bahwa untuk kesuksesan para atlet paralimpik membutuhkan banyak kepedulian dan dukungan dari semua pihak.



"Saya membuka diri kalau memang dibutuhkan untuk menjadi spoke person, karena bagaimanapun juga kita perlu memberikan wadah bagi saudara - saudara disabilitas tentunya melalui akses kesetaraan dan disabilitas melalui prestasi olah raga. Semoga semua stake holder mau bahu membahas untuk membantu,"pungkasnya.



Terpisah, Inda Raya sebagai Pembina NPCI Kota Madiun menyampaikan apresiasi atas kepedulian dari pihak luar kepada atlet paralimpik setempat. Senada dengan Andro, Inda juga mengharapkan seinergitas dari para pemangku kepentingan.



"Ini langkah yang membahagiakan sekali, ketika ada kepedulian dari orang luar terhadap NPCI Kota Madiun yang selama ini belum banyak menaruh perhatian. Mereka ini sama halnya dengan kita, kebutuhan untuk bisa maju dan berkembang membutuhkan banyak support. Apalagi kalau tujuannya untuk mendulang prestasi, harus ada sinergitas pemangku kepentingan. Mulai dari orang tua, pelatih, lingkungan, pemerintah dan lainnya. Tanpa itu semua, nonsense mereka bisa mengukir prestasi ditengah kekurangan yang mereka miliki. Saya pribadi selalu hadir membersamai mereka karena saya yakin mereka bisa sama hebatnya dengan kita bila benar-benar ada support,"jelas Inda (14/10).

foto : Inda Raya saat menemani atlet Boccia Kota Madiun


Wanita pertama di Kota Madiun yang menjabat sebagai Wakil Wali Kota ini mengungkapkan harapannya agar para atlet disabilitas khususnya atau penyandang disabilitas pada umumnya bisa mendapatkan perhatian lebih.



"Harapan saya, support ini tidak hanya semata-mata karena ada maunya, tidak semata-mata ingin memberi, tapi lebih kepada ketulusan hati, apresiasi dan rasa percaya bahwa mereka pasti bisa meraih impian mereka. Tidak hanya itu, saya juga berharap tidak ada lagi yang memandang sebelah mata apa yang mereka lakukan, apa yang mereka usahakan saat ini yaitu mempersembahkan prestasinya untuk lebih mengangkat nama Kota Madiun dalam dunia olahraga,"tandasnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama