Wawali Inda Raya Kunjungi Lapas I Madiun, Dorong Semangat WBP Selesaikan Ujian PTS Ganjil



Klikmadiun.com  - Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya  menyambangi Lapas I  Madiun  dalam rangka memberikan dukungan moril kepada para warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang tengah mengerjakan ujian PTS Ganjil 2023


Didampingi Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiarta, Kabid Pembinaan Budi Ruswanto dan Kabid Administrsi dan Kamtib Lukman, Inda Raya mendatangi Aula Raharjo yang sedang digunakan WBP peserta program Kejar Paket B untuk melaksanakan ujian penilaian tengah semester (PTS) Ganjil tahun 2023. Beberapa waktu lalu, Inda mengikuti pertemuan rutin FK-PKBM se-Kota Madiun hingga akhirnya didapat informasi bahwa ada salah satu PKBM yang telah bekerja sama dengan Lasatma untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar.



“Hari ini berkunjung ke lapas, tadinya untuk melihat kegiatan PKBM yang kebetulan kemarin sempat mendapatkan info bahwa juga melakukan kegiatan belajar mengajar dengan warga Lapas (Lapas I Madiun, red),”jelas Inda (16/10).


Dalam program Kejar Paket A, B dan C ini, Lasatma bekerja sama dengan PKBM Al Mustofa. Inda pun menyempatkan diri untuk menyapa WBP yang tengah serius mengerjakan ujian PTS. Sembari bercanda ia menyelipkan pesan untuk para WBP.



“Saat ini sedang berjalan ujian tengah semester, jadi tadi sedang mengerjakan soal dan sedikit saya ajak bercanda apakah susah soalnya? Mereka sangat semangat mengikuti PTS ini, dan saya diberitahu bahwa ini pelaksanaan PTS pertama di Lapas I Madiun, ini luar biasa inovatif. Dan tadi saya berpesan untuk para WBP untuk terus semangat dalam menempuh pendidikan,”lanjutnya.


Ia menyampaikan bahwa pendidikan non formal seperti pendidikan kesetaraan ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pendidikan kesetaraan yang berorientasi pada pengembangan potensi warga belajar seharusnya menjadi nilai tambah tersendiri untuk membekali WBP ketika selesai masa tahanan.


“Alhamdulillah, dengan adanya pendidikan non formal seperti ini, setiap warga tentunya bisa punya kesempatan yang sama untuk memperoleh ilmu yang nantinya bisa menjadi bekal ketika mereka selesai masa tahanannya,”kata Inda.


Selain itu, bersama rombongan ia berkelilingi mengunjungi satu persatu ruang kegiatan warga binaan dalam lapas setempat. Ia melihat para WBP dengan beragam ketrampilannya mulai dari membatik, produksi sablon kaos hingga mebelir.


“Tidak cuma melihat kegiatan PKBM, saya malah diajak berkeliling oleh Pak Kalapas melihat semua kegiatan warga binaan. Mulai pengerajin kayu, olahraga, membatik, konveksi dan sablon,”imbuhnya.


Menurutnya, program-program yang telh dilaksanakan oleh Lapas Kelas I Madiun ini nantinya akan memberikan manfaat bagi WBP ketika nanti menghirup udara bebas.


“Dengan adanya kepedulian terhadap warga binaan seperti yang terjadi di Lapas ini, saya yakin ketika mereka keluar dari sini, akan lebih siap bersosialisasi bahkan membuka usaha kecil-kecilan,”tutupnya.


Sementara itu, Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiarta mengaku senang atas kunjungan Wawali Inda Raya ke Lasatma. Kehadiran Inda Raya diharapkan mampu menambah jalinan sinergitas semakin erat dan lebih baik lagi. Sebab program-program pembinaan di Lasatma dapat terwujud berkat sinergi dan kolaborasi stakeholder internal maupun eksternal.


“Mari kita bersama-sama berkontribusi memberikan kemajuan bagi Lapas 1 Madiun. Karena WBP nantinya juga akan kembali ke masyarakat lagi,”pungkasnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama