Gelar Kegiatan Assessment Awal Bagu Narapidana dan Tahanan Baru

Klikmadiun.com - Lapas Kelas I Madiun Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar kegiatan assessment awal bagi narapidana dan tahanan baru sebagai bagian dari upaya peningkatan pengelolaan dan rehabilitasi warga binaan, Jum’at(05/01).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang kunjungan Lapas I Madiun yang dipimpin langsung oleh Kasi Registrasi Ariya Juni Pratama. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang profil setiap tahanan guna merancang program rehabilitasi yang lebih efektif.

Kasi Registrasi Ariya Juni, mengungkapkan pentingnya kegiatan ini dalam menyusun rencana rehabilitasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing tahanan. "Dengan mengenal lebih dekat narapidana dan tahanan baru, kami dapat menyusun program rehabilitasi yang lebih terarah dan efisien. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka untuk kembali berintegrasi ke dalam masyarakat dengan lebih baik setelah masa pemasyarakatan," ujar Ariya.

Proses assessment awal mencakup wawancara individu, pemeriksaan dokumen, dan observasi langsung terhadap perilaku narapidana. Data yang dikumpulkan akan menjadi dasar untuk merancang program pendidikan, pelatihan keterampilan, dan layanan rehabilitasi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan setiap narapidana.

Kalapas I Madiun Kadek Anton Budiharta berharap kegiatan ini dapat memberikan informasi yang lebih akurat kepada petugas lapas tentang potensi risiko atau kebutuhan khusus yang harus diperhatikan selama masa tahanan. Dengan demikian, pelayanan di Lapas I Madiun dapat lebih bersifat preventif dan responsif terhadap berbagai tantangan yang mungkin dihadapi oleh narapidana.

Kegiatan assessment awal ini dijadwalkan akan dilakukan secara berkala untuk memastikan informasi yang dimiliki selalu terkini. Lapas I Madiun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan rehabilitasi guna mendukung pembinaan narapidana dan tahanan baru menuju pemulihan yang lebih baik.




pas/humas

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama