Unik, Anggota KPPS di TPS 11 Kelurahan Kanigoro Berkostum Adat Jawa




Klikmadiun.com - Hari Rabu (14/2/2024) merupakan puncak tahapan Pemilu 2024. Dimana di hari tersebut seluruh warga negara Indonesia menyumbangkan suara untuk menentukan pemimpin dan para wakil di lembaga legislatif negara.


Antusias yang ditunjukkan seluruh masyarakat Indonesia dalam menyambut pesta demokrasi yang seyogyanya diselenggarakan 5 tahun sekali. Apalagi dalam Pemilu 2024 kali ini dilangsungkan secara serentak. WNI yang telah mempunyai hak pilih diberikan kesempatan untuk memilih wakilnya di setiap tingkatan mulai dari daerah hingga ke pusat. Ditambah dengan adanya pemilihan Presiden RI membuat semangat demokrasi kian menyala.



Tak kalah antusias ditunjukkan oleh anggota KPPS di TPS 11 Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Anggota yang hadir semenjak pukul 06.00 tersebut, semuanya mengenakan kostum adat Jawa. Mulai dari kebaya yang dilengkapi dengan bawahan kain jarik, hingga anggota pria mengenakan beskap dan blangkon sebagai asesoris kepala. Selain itu, ornamen janur kuning melengkung bak resepsi pernikahan juga menghiasi pintu masuk TPS. 


Ketua KPPS 11, Sri Wahyuni mengaku senang bisa turut mensukseskan Pemilu 2024 ini. Oleh karenanya, ia dan tim menginginkan ada kesan tersendiri untuk penyelenggaraan pemilu kali ini. 



"Sebenarnya ide untuk memakai kostum adat Jawa ini mendadak. Kita ingin tampil prima dalam mensukseskan Pemilu, akhirnya kita kompak memakai baju adat Jawa, biar pemilih yang hadir tidak bosan memandang kami,"ujar Sri seraya tertawa.




Dari pantauannya di lokasi TPS, pencoblosan yang dimulai sejak pagi berlangsung dengan lancar dan aman.



"Kondusif di TPS kami, juga tidak ada penumpukan pemilih maupun antrian panjang. Semua sesuai prosedur,"tutupnya.(klik-4)




 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama