Inda Raya Gelar Pemeriksaan Gratis dan Bagikan Jajajan Jadul, Wujud Madiun Kota Melayani

 



Klikmadiun.com – Minggu pagi (17/9/2023) mendadak rumah dinas (rumdin) Wakil Wali Kota Madiun dipenuhi warga. Tampak antrian panjang mulai teras rumdin hingga ke jalan. Ternyata warga tengah antri pemeriksaan kesehatan gratis. Sedangkan sebagian warga tengah antri untuk mendapatkan jajanan jadul secara cuma-cuma.


Pagi itu, Inda Raya mengadakan gelaran pemeriksaan kesehatan badan dan mata secara gratis untuk warga Kota Madiun. Acara tersebut merupakan bagian dari program ‘Inda Raya Terus Membersamai Masyarakat Kota Madiun’ yang merupakan persembahan Wakil Wali Kota Madiun dengan menyumbangkan gaji lima bulan terkahir menjelang purna tugas sepenuhnya untuk masyarakat.


“Hari ini acara Inda Raya Madiun Kota melayani, ini adalah salah satu bentuk upaya untuk melengkapi Panca Karya yang merupakan program Pemeerintah Kota Madiun. Dan ini merupakan inisiasi saya beserta suami dan keluarga. Dengan menghibahkan lima gaji terkahir sebelum purna tugas untuk melayani masyarakat,”terang Inda.


Selain pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan gratis, Inda juga menyediakan beragam jajanan tempo dulu atau biasa disebut jajanan jadul dengan melibatkan pegiat UMKM Kota Madiun. Ada getuk beralaskan daun pisang, sate tahu non MSG, es didot, gulali dan rangin. Inda mengaku sangat menggemari makanan tradisional khas Jawa. Sedangkan suami Inda Raya, Bagus Adhitomo tak sungkan memesan sepotong es didot.


“Kalau ini yang aku makan namanya tiwul, ini favoritku,”ujarnya sembari memamerkan sepincuk tiwul.


Inda mengaku sengaja mendatangkan jajanan jadul untuk memberikan edukasi ke masyarakat khusunya anak milenial yang sudah jarang menjumpai makanan tradisional. Selain itu, ia berharap dengan masifnya kegiatan yang melibatkan UMKM maka semakin cepat perputaran roda ekonomi kecil dan menengah.


“Dengan pelayanan ini diharapkan bisa lebih memberikan manfaat untuk masyarakat. Selain pemeriksaan kesehatan gratis dan pemeriksaan gratis, kita juga menggandeng UMKM supaya bisa memutar roda perekonomian. Ini ada beragam jajanan yang sudah old seperti gulali, getuk, rangin. Semoga bisa bermanfaat dan memberi kesan tersendiri bagi masyarakat,”jelasnya.


“Dengan hadirnya jajan jadul disini, supaya anak-anak juga tahu kalau jajanan jadul itu enak. Karena anak sekarang kan tahunya jajanan kekinian,”imbuhnya.


Pada kesempatan pagi itu, Inda Raya tidak bisa menahan diri untuk ikut mencoba membuat gulali menjadi bentuk sesuai seleranya. Namun akhirnya ia mengaku bahwa ketrampilan itu tak mudah baginya.


“Susah ternyata, panas gulalinya. Hanya yang expert yang bisa,”tutupnya dengan gelak tawa.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama