Uji Coba Satu Arah Roda Dua di Jalan Diponegoro, Begini Tanggapan Warga Kota Madiun

foto : Simpang tiga jalan Diponegoro - jalan Bali.




Klikmadiun.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun melalui Dinas Perhubungan melakukan uji coba penerapan kebijakan baru yaitu pemberlakuan satu arah untuk kendaraan bermotor roda dua1 dari arah timur menuju barat sepanjang jalan Diponegoro bagian barat mulai Selasa, 26 Desember 2023.



Uji coba rekayasa lalu lintas yang mengalihkan motor roda dua ke arah jalan Rimba Dharma itu dikeluhkan beberapa warga. Mulai dari pengendara hingga warga yang tinggal di jalan tersebut.


Walaupun telah disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan alasan kenapa hanya motor roda dua yang dialihkan yakni karena kondisi jalan Rimba Darma yang tidak terlalu lebar disebut tidak mampu menampung kapasitas kendaraan roda empat.


Namun, seorang ibu pengendara motor yang enggan disebutkan identitasnya mengaku kesulitan dalam memilih jalur alternatif untuk menuju ke Pasar Besar Madiun dari rumahnya di Jalan Trengguli.



"Saya sebagai ibu rumah tangga kesulitan dalam mencari jalan alternatif. Belum lagi belum lagi kondisi cuaca panas , sekarang semakin muter dan beresiko ketemu dengan kendaraan kendaraan banyak saat di proliman, enak yang punya kendaraan roda empat, udah tidak kepanasan, masih boleh lewat di jalan sini dua arah di kondisi cuaca panas , sekarang semakin muter dan beresiko ketemu dengan kendaraan besar saat di proliman, enak yang punya kendaraan roda empat, sudah tidak kepanasan, masih boleh lewat di jalan sini dua arah,"ungkapnya, Rabu (27/12)



Sementara itu, seorang warga yang tinggal di jalan Diponegoro mempertanyakan apa faedahnya larangan melintas untuk roda dua? Sedangkan dari pengamatannya selama puluhan tahun tinggal disitu, bahwa yang mengakibatkan kemacetan justru kendaraan bermotor roda empat. 


"Kalau menurut saya, yang membuat macet malah mobil. Kebanyakan macet di beberapa titik sekolah. Apalagi di sekolah yang bagian barat itu, seperti Al Irsyad, seringnya macet kan malah disitu. Mobil parkir di sisi kanan kiri,"ujar Dony, warga setempat.



Rencananya dalam sepekan ke depan akan dilakukan evaluasi untuk penerapan satu arah khusus untuk roda dua di sepanjang jalan Diponegoro itu. Apabila dalam uji coba berjalan dengan baik, maka akan diberlakukan seterusnya.(klik-2)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama