Peringati HPSN 2024, Forum Pegiat Proklim Kota Madiun Gelar Pelatihan Ecobrik




Klikmadiun.com - Forum pegiat proklim Kota Madiun memiliki inovasi tersendiri untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Melalui program sosialisasi dan pelatihan singkat pembuatan ecobrik pada Minggu (25/2/2024), pegiat Proklim Kota Madiun berinisiasi mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah plastik dengan cara yang produktif.


Ecobrick sendiri adalah botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali. 



"Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi kepada seluruh wilayah proklim di kota Madiun agar bijak dalam mengelola sampah plastik dari rumah,"jelas Fifid, Koordinator Forum Proklim Kota Madiun.


Ecobrik menjadi salah satu solusi bijak dalam pengelolaan sampah plastik dengan pemberdayaan masyarakat yang berawal dari keluarga.


"Jadilah jolusi bukan polusi,kalau bukan kita siapa lagi,"tegas Fifid.


Acara yang diselenggarakan di Omah Edukasi Ecobrik RW 14 Nambangan Lor ini mendatangkan langsung trainer dari Global Ecobrick Alliance (GEA) Titik Roesmiati.




Program sosialisasi dan pelatihan tersebut sekaligus mewadahi para Ecobricker di Kota Madiun. Materi yang disampaikan oleh trainer harapannya peserta mampu meningkatkan krativitas untuk mengolah sampah plastik. Beberapa materi sosialisasi yaitu Plastik,Biosfer dan Ecobrick.



"Selain itu, acara ini diharapkan mampu membangun mindset berkesadaran ekologis dengan jargon 'Plastikku Tanggungjawabku'", ujarnya.


Di akhir, ia menyampaikan bahwa Pegiat Proklim Kota Madiun meskipun tanpa teknologi canggih akan terus berdedikasi memberdayakan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah.


"Sampah bisa berakhir tanpa diangkut ke TPA (tempat pembuangan akhir,red), nyengkuyung (gotong royong,red) Madiun Kota sehat ,bersih,nyaman dan mendunia,"pungkasnya.(klik-2)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama